MANAJEMEN USAHA PETERNAKAN AYAM BROILER PEMBIBIT DI PT INTERTAMA TRIKENCANA BERSINAR UNIT FARM GEKBRONG, KECAMATAN GEKBRONG, KABUPATEN CIANJUR,JAWA BARAT (KAJIAN BIOSEKURITAS)

CAHYA, Handika Adi (2015) MANAJEMEN USAHA PETERNAKAN AYAM BROILER PEMBIBIT DI PT INTERTAMA TRIKENCANA BERSINAR UNIT FARM GEKBRONG, KECAMATAN GEKBRONG, KABUPATEN CIANJUR,JAWA BARAT (KAJIAN BIOSEKURITAS). Undergraduate thesis, Fak. Peternakan & Pertanian.

[img]
Preview
PDF
127Kb
[img]
Preview
PDF
174Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

112Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

172Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1033Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

922Kb

Abstract

HANDIKA ADI CAHYA. 23010212060003. 2015. Manajemen Usaha Peternakan Ayam Broiler Pembibit di Farm Gekbrong Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Kajian Biosekuritas) (Pembimbing : EDJENG SUPRIJATNA.) Tugas Akhir disusun berdasarkan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang dilakukan pada tanggal 16 Februari sampai dengan 28 Maret 2015 di PT. Intertama Trikencan Bersinar Unit Farm Gekbrong, Desa Gekbrong Kelurahan Warung Kondang, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui manajemen Biosecurity dan membandingkan yang ada di lapangan dengan teori yang telah diperoleh selama kuliah. Materi yang digunakan dalam Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah ayam broiler (parent stock), dan recording pemelharaan sedangkan metode yang dilakukan yaitu ikut serta dalam pelaksanaan pemeliharaan ayam broiler (parent stock) di farm Gekbrong, desa Gekbrong kelurahan Warung Kondang, kec. Gekbrong, kab. Cianjur, Jawa Barat, dan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Data primer di peroleh dengan melaksanakan kegiatan pemeliharaan ayam broiler (parant stock) dan wawancara di lapangan dengan anak kandang, chief flok (ketua flok), anak gudang, kepala gudang, dan manager perusahaan. Data sekunder diperoleh dengan pencatatan dan pengamatan di farm Gekbrong yang meliputi keadaan umum perusahaan, struktur organisasi, topografi peternakan, manajemen pemeliharaan, manajemen biosecurity, data mortalitas, jadwal vaksinasi dan, data yang diperoleh kemudian dianalisis dan dibandingkan dengan pustaka. Hasil Praktek Kerja Lapangan (PKL) menunjukkan bahwa Farm Gekbrong merupakan farm yang bergerak dibidang pembibitan ayam broiler (parent stock), menggunakan strain bibit ''cobb fast feather'' dan bibit/doc berasal dari farm Cimangkok (grand parent stock). Manajemen biosekuritas pada farm Gekbrong meliputi biosekuritas sosial dan teknis. Biosekuritas teknis meliputi lingkungan, kontrol lalu lintas, kandang, perkandangan, pakan, air minum, dan karyawan. Prgoram sanitasi dilaksanakan di seluruh area farm. Program vaksinasi dilaksanakan sesuai dengan program vaksinasi dan medikasi satu periode. Kontrol keberhasilan yang dilaksanakan adalah keseragaman bobot badan dan mortalitas. Manajemen biosekuritas pada farm Gekbrong telah dilaksanakan dengan baik, sesuai dengan peraturan perusahan. Mortalitas di farm Gekbrong 4,03% sehingga tidak sesuai standar mortalitas pada fase grower adalah 3-4%. Kata kunci : ayam broiler pembibit, biosekuritas, sanitasi, vaksinasi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:ayam broiler pembibit, biosekuritas, sanitasi, vaksinasi
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:48026
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:17 Mar 2016 15:05
Last Modified:17 Mar 2016 15:05

Repository Staff Only: item control page