Analisis Pengaruh Suku Bunga Kredit, Kualitas Pelayanan Inti, Kualitas Pelayanan Periferal Dan Kemampuan Tenaga Marketing Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Pengambilan Kredit Di Bank Mandiri Unit Mikro Distrik Semarang

ADHITYA, Fajar (2013) Analisis Pengaruh Suku Bunga Kredit, Kualitas Pelayanan Inti, Kualitas Pelayanan Periferal Dan Kemampuan Tenaga Marketing Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Pengambilan Kredit Di Bank Mandiri Unit Mikro Distrik Semarang. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
95Kb

Abstract

Bank Mandiri sebagai bank terbesar di Indonesia dari sisi total asset dan total DPK memiliki ambisi untuk mengikuti BRI di pasar mikro Oleh karena itu, perlu diteliti faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam pengambilan kredit terutama dari faktor-faktor internalnya. Untuk melakukan analisis terhadap tujuan yang telah ditetapkan, data dikumpulkan dari 100 responden Bank Mandiri Distrik Semarang dengan menggunakan kuesioner. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif melalui nilai deskriptif presentase dan analisis regresi ganda. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan menunjukkan bahwa suku bunga kredit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pengambilan kredit, Kualitas Pelayanan Inti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengambilan kredit, kualitas pelayanan periferal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengambilan kredit, kemampuan tenaga marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengambilan kredit. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, maka terdapat beberapa implikasi manajerial yang dapat dilakukan berkaitan dengan peningkatan keputusan nasabah dalam pengambilan kredit, yaitu: peran aktif dari staf marketing dan analis kredit untuk mendukung kecepatan proses kredit, perbaikan dan pengembangan fasilitas penunjang yang mendukung bagi kelancaran kredit yang dibutuhkan nasabah, menetapkan suku bunga kredit di level 1% atau suku bunga yang sebanding dengan suku bunga pesaing, training yang berkelanjutan dan motivasi-motivasi dari atasan perlu untuk tetap dilakukan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:48023
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:17 Mar 2016 14:36
Last Modified:17 Mar 2016 14:36

Repository Staff Only: item control page