MEMBANGUN KINERJA BISNIS MELALUI KEUNGGULAN BERSAING PADA UKM MANUFAKTUR (Studi Empirik Pada Industri Logam di Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten)

Valeria, Nitya Pinasthika and Sufian, Syuhada and RAHARJO, Susilo Toto (2013) MEMBANGUN KINERJA BISNIS MELALUI KEUNGGULAN BERSAING PADA UKM MANUFAKTUR (Studi Empirik Pada Industri Logam di Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]Microsoft Word
989Kb

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan, adaptabilitas lingkungan, dan kreativitas inovasi terhadap keunggulan bersang untuk meningkatkan kinerja bisnis. Rumusan masalah adalah bagaimana menciptakan keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja bisnis. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah industri logam skala kecil dan menengah di Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten yang berjumlah 295 industri. Dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 120 industri. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jawaban nilai 1 ( sangat tidak setuju ) sampai dengan 7 ( sangat setuju ). Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) melalui program AMOS 18.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model penelitian dapat diterima dengan goodness of fit, yaitu chi-square= 120,619 ; probabilitas= 0,914 ; GFI= 0,910 ; AGFI= 0,880; CMIN/DF= 0,843 ; dan RMSEA= 0,00. Semua hipotesis dapat diterima setelah dilakukan analisis SEM. Hal ini berarti orientasi kewirausahaan, adaptabilitas lingkungan, dan kreativitas inovasi berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, dan orientasi kewirausahaan,kreativitas inovasi juga berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis. Selanjutnya keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis. Secara umum kesimpulan dari hasil pengujian model yang diterapkan pada industri logam skala kecil dan menengah di Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten menunjukkan bahwa keunggulan bersaing dapat dicapai melalui orientasi kewirausahaan, adaptabilitas lingkungan, dan kreativitas inovasi, dimana keunggulan bersaing yang dihasilkan perusahaan dapat meningkatkan kinerja bisnis. Selain keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan dan kreativitas inovasi dapat meningkatkan kinerja bisnis. Penelitian ini memberikan beberapa keterbatasan penelitian serta agenda penelitian mendatang yang bisa dilakukan pada penelitian lanjutan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:48019
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:17 Mar 2016 14:08
Last Modified:17 Mar 2016 14:08

Repository Staff Only: item control page