Proses Pembuatan Salad Dressing Melalui Metode Homogenizer dari Minyak Kacang Tanah dengan Variabel Suhu Pengepresan Menggunakan Screw Press (Process Making Salad Dressing Trough the Homogenizer Method of Groundnut Oil Temperature Variables Pressing Using Screw Press)

KARISMA, GABRIEL PRASUCIP (2015) Proses Pembuatan Salad Dressing Melalui Metode Homogenizer dari Minyak Kacang Tanah dengan Variabel Suhu Pengepresan Menggunakan Screw Press (Process Making Salad Dressing Trough the Homogenizer Method of Groundnut Oil Temperature Variables Pressing Using Screw Press). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF (COVER) - Published Version
11Kb
[img]
Preview
PDF (HALAMAN PENGESAHAN) - Published Version
19Kb
[img]
Preview
PDF (KATA PENGANTAR) - Published Version
127Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR ISI) - Published Version
96Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I) - Published Version
128Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
328Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III) - Published Version
86Kb
[img]
Preview
PDF (BAB IV) - Published Version
106Kb
[img]PDF (BAB V) - Published Version
Restricted to Repository staff only

343Kb
[img]PDF (BAB VI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

314Kb
[img]PDF (BAB VII) - Published Version
Restricted to Repository staff only

84Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Published Version
141Kb
[img]
Preview
PDF (LAMPIRAN) - Published Version
439Kb

Abstract

Kacang tanah (Arachis hypogaea L.) merupakan tanaman polong-polongan atau legum terpenting kedua setelah kedelai di Indonesia. Di Indonesia menurut hasil penelitian dikenal empat macam varietas unggul yaitu, varietas gajah, banteng, macan, dan kijang. Varietas kijang mempunyai kandungan minyak terbesar yaitu 49,9% dari berat daging. Minyak kacang tanah merupakan minyak nabati yang dipergunakan untuk minyak goreng, bahan dasar pembuatan margarine, mayonnaise, salad dressing dan mentega putih (shortening), dan mempunyai keunggulan bila dibandingkan dengan minyak jenis lainnya, karena dapat dipakai berulang-ulang untuk menggoreng bahan pangan. Selain itu minyak kacang tanah banyak digunakan dalam industri sabun, face cream, shaving cream, pencuci rambut dan bahan kosmetik lainnya. Dalam bidang farmasi minyak kacang tanah dapat digunakan untuk campuran pembuatan adrenalin dan obat asma. (Hasbullah,2012) Salad Dressing adalah semacam saus untuk salad, makanan yang menggunakan proses pencampuran (homogenisasi) dengan prinsip pencampuran minyak dengan air. Homogenizer adalah suatu alat yang dirancang terdiri dari digital LCD, pengaduk, stabilizer, statif, dan clamp. Alat homogenizer ini mampu mencampur dengan kecepatan tinggi sampai 27.000 rpm yang dapat memisahkan antara air dengan minyak. Tujuan dari penggunaan alat homogenizer untuk pengujian stabilitas proses homogenisasi salad dressing ini, dengan menggunakan kecepatan putar homogenisasi, dan waktu putar yang berbeda – beda saat pencampuran. (Hilda,2011) Kata Kunci: Kacang Tanah, Minyak Kacang Tanah, Salad Dressing

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:47948
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Mar 2016 10:53
Last Modified:15 Mar 2016 10:53

Repository Staff Only: item control page