Pengembangan Prototype Alat Ion Exchanger Berbasis Karbon Aktif untuk Pengolahan Air Sanitasi DIII Teknik Kimia (IonExchangerPrototype Development Tool BasedActivated CarbonforWater TreatmentSanitationDIIIChemical Engineering)

RETNOWATI, RESTU AYU SELLA (2015) Pengembangan Prototype Alat Ion Exchanger Berbasis Karbon Aktif untuk Pengolahan Air Sanitasi DIII Teknik Kimia (IonExchangerPrototype Development Tool BasedActivated CarbonforWater TreatmentSanitationDIIIChemical Engineering). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF (BAB I) - Published Version
88Kb
[img]
Preview
PDF (COVER) - Published Version
114Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
236Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III) - Published Version
81Kb
[img]
Preview
PDF (BAB IV) - Published Version
155Kb
[img]PDF (BAB V) - Published Version
Restricted to Repository staff only

102Kb
[img]PDF (BAB VI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

222Kb
[img]PDF (BAB VII) - Published Version
Restricted to Repository staff only

81Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Published Version
128Kb
[img]
Preview
PDF (LAMPIRAN) - Published Version
620Kb

Abstract

Ion Exchanger yaitu alat penukar ion (anion dan kation) yang digunakan untuk mempertukarkan ion yang terkandung di dalam air dimana ion tesebut ditukar dengan ion H dan OH yang terkandung di dalam resin. Karbon Aktif yaitu senyawa karbon yang telah di tingkatkan daya adsorsinya dengan melakukan proses karbonisasi dan aktifasi. Dalam praktikum ini untuk menguji kesadahan dilakukan dengan alat ion exchanger dan ion exchanger kombinasi karbon aktif, dengan air sebanyak 110 liter diambil sampel 10 ml tiap 10 menit selama 6 kali. Hasil dari pengamatan didapatkan untuk penurunan nilai kesadahan tanpa enggunakan koombinasi karbon aktif yaitu 1,2 ppm, 1,1 ppm, 0,9 ppm, 0,8 ppm, 0,7 ppm, dan 0,5 pmm. Sedangkan untuk hasil penurunan nilai kesadahan dengan ion exchanger kombinasi karbon aktif didapatkan 1,2 ppm, 1,0 ppm, 0,9 ppm, 0,6 ppm, 0,4 ppm, 0,4 ppm. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan ion exchanger kombinasi karbon aktif lebih efektif, karena karbon aktif berfungsi sebagai adsorben yang mampu menyerap ion Ca dan Mg yang terkandung dalam air. (ion exchanger, karbon aktif, resin)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:47915
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Mar 2016 11:00
Last Modified:14 Mar 2016 11:00

Repository Staff Only: item control page