THE EFFECTIVENESS OF GTM PLUS ON STUDENTS’ ENGLISH READING ACHIEVEMENT AT RSBI JUNIOR HIGH SCHOOL 1 TEGAL

Nur Laila Molla, Molla (2010) THE EFFECTIVENESS OF GTM PLUS ON STUDENTS’ ENGLISH READING ACHIEVEMENT AT RSBI JUNIOR HIGH SCHOOL 1 TEGAL. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
1506Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

ABSTRAK Grammar Translation Method (GTM) merupakan salah satu metode pengajaran. Penulis menemukan sebuah model baru metoda GTM, yang kemudian dinamakan GTM Plus. Riset ini akan membuktikan apakah metoda ini benar benar efektif pada pencapaian prestasi membaca dalam Bahasa Inggris. Beberapa percobaan dilakukan pada dua kelas yang berbeda. Eksperimen diadakan di RSBI Sekolah Menengah Pertama 1 Tegal. Ada dua kelas sempel yang berisi dua puluh dua siswa untuk tiap kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lainya sebagai kelas control. Kelas eksperimen diajar menggunakan metoda GTM Plus dan kelas satunya menggunakan GTM RSBI. Diberlakukan test awal dan tes akhir terhadap kedua kelas tersebut. Sebuah riset eksperimental dilaksanakan. Test dan observasi dilaksanakan, penulis menghitung validitas tes, reliabilitas, tingkat kesulitan dan tingkat diskriminasi. Sampel siswa diambil secara acak. Test dianalisa dan dihitung menggunakan statistik nonparametric. Hasilnya membuktikan 21,6% peningkatan prestasi siswa. Rata-rata tes awal grup control adalah 6,11 dan 6,72 untuk rata-rata tes akhir sedangkan rata-rata test awal grup eksperimental adalah 7,07 dan 8,56 untuk hasil tes akhir. Prosentase peningkatan skor adalah 21,1%. Hal ini berarti bahwa penerapan metoda Grammar Translation Method (GTM) Plus memberikan pengaruh positif pada prestasi siswa dibidang bacaan Bahasa Inggris. Dari hasil menunjukkan bahwa rata rata perolehan nilai eksperimental grup lebih tinggi dari pada control grup. Hal ini memberikan kontribusi positif pada penerapan metoda Grammar Translation Method (GTM) Plus di sekolah pada umumnya dan khususnya untuk sekolah sekolah RSBI. Analisa timbal balik melalui kuisioner pada grup eksperimental juga menunjukkan angka 85% penerimaan terhadap metoda pengajaran ini. Kata kunci: Grammar Translation Method (GTM) Plus, Prestasi, Efektivitas, Bacaan

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:THE EFFECTIVENESS OF GTM PLUS ON STUDENTS’ ENGLISH READING ACHIEVEMENT AT RSBI JUNIOR HIGH SCHOOL 1 TEGAL
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:47844
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Mar 2016 20:29
Last Modified:14 Mar 2016 20:29

Repository Staff Only: item control page