PENGARUH KECEPATAN PENGADUKAN TERHADAP PERUBAHAN KADAR ZINGIBEREN DALAM MINYAK JAHE PADA ADSORBSI DENGAN BENTONIT ( Stirring Effect to Zingiberene Content in Ginger Oil With Adsorbtion Using Bentonit )

PUTRA, DANANG PINARDI (2015) PENGARUH KECEPATAN PENGADUKAN TERHADAP PERUBAHAN KADAR ZINGIBEREN DALAM MINYAK JAHE PADA ADSORBSI DENGAN BENTONIT ( Stirring Effect to Zingiberene Content in Ginger Oil With Adsorbtion Using Bentonit ). Undergraduate thesis, Undip.

[img]PDF (COVER) - Published Version
38Kb
[img]
Preview
PDF (HALAMAN PENGESAHAN) - Published Version
97Kb
[img]
Preview
PDF (KATA PENGANTAR) - Published Version
10Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR ISI) - Published Version
127Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR TABEL) - Published Version
83Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR GAMBAR) - Published Version
83Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR LAMPIRAN) - Published Version
82Kb
[img]PDF (BAB I) - Published Version
51Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
411Kb
[img]PDF (BAB III) - Published Version
53Kb
[img]PDF (BAB IV) - Published Version
355Kb
[img]
Preview
PDF (BAB V) - Published Version
206Kb
[img]PDF (BA VI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

321Kb
[img]PDF (BAB VII) - Published Version
43Kb
[img]PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Published Version
53Kb
[img]
Preview
PDF (LAMPIRAN) - Published Version
805Kb

Abstract

Bahan baku yang digunakan pada praktikum untuk mengetahui pengaruh kecepatan pengadukan Hot Plate Magnetic Stirrer dengan bentonit pada proses adsorbsi adalah menggunakan minyak jahe. Berdasarkan uji analisa minyak jahe dengan menggunakan alat GC (gas chromatography) yang telah dilakukan diketahui bahwa semakin tinggi suhu maka kadar camphene yang teradsorb semakin banyak, sehingga menyebabkan meningkatnya kadar zingiberene dalam minyak jahe. Berbanding lurus dengan suhu, semakin lama waktu pengadukan maka kadar zingiberen dalam minyak jahe juga meningkat. Pada percobaan dilakukan uji analisa larutan minyak jahe murni tanpa bentonit diperoleh kadar zingiberen sebesar 9,50%. Sedangkan kadar zingiberen minyak jahe dengan waktu 10 menit dan 30 menit pada 60 rpm dengan bentonit diperoleh 10,67%;11,18%. Kadar zingiberen dalam minyak jahe dengan waktu 10 menit dan 30 menit pada 120 rpm dengan bentonit diperoleh 10,15% dan 11,50%. Hal-hal yang mempengaruhi hasil uji analisa minyak jahe dengan menggunakan GC adalah kondisi operasi yang tidak terkontrol dengan baik, adanya bahan pengotor dalam minyak, kolom pengujian yang tidak memiliki standar analisa. Perbedaan variabel operasi berupa suhu pemanasan dan waktu pengadukan sangat berpengaruh pada hasil praktikum. Perbedaan variabel ini berfungsi untuk dapat mengetahui kondisi operasi yang optimum dalam proses pengikatan camphene, dilihat dari kadar zingiberen dari masing-masing sampel. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses adsorbsi minyak jahe dengan bentonit menggunakan alat gas chromatography adalah suhu pemanasan, waktu pengadukan, konsentrasi bentonit, serta kecepatan pengadukan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:47842
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Mar 2016 12:54
Last Modified:08 Mar 2016 12:54

Repository Staff Only: item control page