ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN MELAYANI (SERVANT LEADERSHIP STYLE) DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan)

RETMONO, Adityawan Widi (2013) ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN MELAYANI (SERVANT LEADERSHIP STYLE) DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
328Kb

Abstract

Dalam rangka memenuhi harapan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan prima dari organisasi publik, perlu diperhatikan perilaku organisasi publik dalam pelaksanaan kinerjanya. Penelitian ini mencoba untuk menguji pengaruh servant leadership style dan budaya organisasi, terhadap komitmen organisasional dalam meningkatkan kinerja karyawan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh atau sensus dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner. Penelitian ini menggunakan seluruh anggota populasi yaitu sebanyak 63 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Science) for windows versi 20. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan analisis faktor menunjukkan, instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukan servant leadership style berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, servant leadership style berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, serta budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan kinerja karyawan, maka Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan, seperti servant leadership style, budaya organisasi, dan komitmen organisasional. Dengan mengetahui pengaruh hubungan tersebut dapat dijadikan masukan untuk merancang strategi guna meningkatkan kinerja karyawan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:47825
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:07 Mar 2016 13:59
Last Modified:07 Mar 2016 13:59

Repository Staff Only: item control page