PENGARUH PENGGUNAAN ION EXCHANGER DENGAN KARBON AKTIF TERHADAP PENURUNAN KADAR Ca DAN Mg PADA AIR DANAU TLOGOSARI SEMARANG ( Effect of the use Ion Exchangers with Activated Carbon Levels to decrase as Ca and Mg contain Lakes Water Tlogosari Semarang )

BANJARNAHOR, EDI BAHTRA SETIAWAN. (2015) PENGARUH PENGGUNAAN ION EXCHANGER DENGAN KARBON AKTIF TERHADAP PENURUNAN KADAR Ca DAN Mg PADA AIR DANAU TLOGOSARI SEMARANG ( Effect of the use Ion Exchangers with Activated Carbon Levels to decrase as Ca and Mg contain Lakes Water Tlogosari Semarang ). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF (COVER) - Published Version
115Kb
[img]
Preview
PDF (KATA PENGANTAR) - Published Version
144Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR ISI) - Published Version
86Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR GAMBAR) - Published Version
81Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR TABEL) - Published Version
81Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I) - Published Version
118Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
262Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III) - Published Version
163Kb
[img]
Preview
PDF (BAB IV) - Published Version
290Kb
[img]
Preview
PDF (BAB V) - Published Version
104Kb
[img]PDF (BAB VI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

287Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VII) - Published Version
90Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Published Version
229Kb
[img]
Preview
PDF (LAMPIRAN) - Published Version
707Kb

Abstract

Menurut Kordi (1997), kesadahan adalah banyaknya garam-garam mineral yang larut yang kationnya bervalensi dua, dimana kation tersebut pada umumnya terdiri dari Ca dan Mg dengan anion CO-2 dan HCO3- dinyatakan dengan mg/L CaCO3. Macam-macam kesadahan yakni kesadahan tetap dan kesadahan sementara. Resin ion exchange atau resin penukar ion dapat didefinisi sebagai senyawa hidrokarbon terpolimerisasi, yang mengandung ikatan silang (crosslinking) serta gugus-gugus fungsional yang mempunyai ion-ion yang dapat dipertukarkan. Jenis-jenis resin yakni resin kation asam kuat, kation asam lemah, anion basa kuat, dan anion basa kuat. Prinsip Ion Exchanger adalah pada proses tersebut senyawa yang tidak larut, dalam hal ini resin, menerima ion positif atau negatif tertentu dari larutan dan melepaskan ion lain ke dalam larutan tersebut dalam jumlah ekivalen yang sama. Jika ion yang dipertukarkan berupa kation, maka resin tersebut dinamakan resin penukar kation, dan jika ion yang dipertukarkan berupa anion, maka resin tersebut dinamakan resin penukar anion. Rangkaian alat ion exchanger terdiri dari 3 buah tangki, yaitu tangki penukar kation, tangki penukar anion, dan tangki karbon aktif yang masing-masing terbuat dari FRP. Pada tangki tersebut yang bagian atas terdapat way valve untuk melakukan filter, fast rinse maupun back wash. Metode yang digunakan dalam analisis kadar Ca dan Mg adalah kompleksometri yaitu metode titrasi dimana titran dan titratnya saling membentuk kompleks netral yang yang terdisosiasi dalam larutan. Metode yang digunakan dalam analisa kadar kesadahan adalah kompleksometri yaitu metode titrasi dimana titran dan titratnya saling membentuk kompleks netral yang terdisosiasi dalam larutan. Nilai kesadahan pada air Danau Tlogosari Tembalang Semarang sebesar 160 ppm dengan nilai pH sebesar 6,0. Dari hasil analisa kesadahan yang didapatkan pada bukaan valve 1/3, 2/3, 3/3 dari tiap tangki penukar ion dengan waktu 20 menit yaitu sebesar 44 ppm ; 32 ppm ; 20 ppm pada tangki kation, 52 ppm ; 40 ppm ; 32 ppm pada tangki anion dan pada tangki karbon aktif sebesar 64 ppm ; 60 ppm ; dan 44 ppm. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan Ion Exchanger kombinasi karbon aktif lebih efektif, karena karbon aktif berfungsi sebagai adsorben yang mampu menyerap ion Ca dan Mg yang terkandung dalam air. (Kesadahan, Ion Exchanger, karbon aktif, resin)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:47819
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Mar 2016 12:55
Last Modified:07 Mar 2016 12:55

Repository Staff Only: item control page