DESAIN DAN FABRIKASI ALAT ION EXCHANGER BERBASIS ZEOLIT UNTUK PENGOLAHAN AIR SANITASI DIII TEKNIK KIMIA (Design and Fabrication Ion Exchanger-based Zeolite for Water Treatment Sanitation DIII Chemical Engineering)

AMDAMSARI, VIVI ISVA (2015) DESAIN DAN FABRIKASI ALAT ION EXCHANGER BERBASIS ZEOLIT UNTUK PENGOLAHAN AIR SANITASI DIII TEKNIK KIMIA (Design and Fabrication Ion Exchanger-based Zeolite for Water Treatment Sanitation DIII Chemical Engineering). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF (COVER, INTISARI,DAF ISI) - Published Version
522Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I) - Published Version
88Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
158Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III) - Published Version
7Kb
[img]
Preview
PDF (BAB IV) - Published Version
278Kb
[img]
Preview
PDF (BAB V) - Published Version
27Kb
[img]PDF (BAB VI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

518Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VII) - Published Version
9Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Published Version
184Kb
[img]
Preview
PDF (LAMPIRAN) - Published Version
544Kb

Abstract

Menurut Kordi (1997), kesadahan adalah banyaknya garam-garam mineral yang larut yang kationnya bervalensi dua, dimana kation tersebut pada umumnya terdiri dari Ca dan Mg dengan anion CO-2 dan HCO3- dinyatakan dengan mg/L CaCO3. Macam-macam kesadahan yakni kesadahan tetap dan kesadahan sementara. Resin ion exchange atau resin penukar ion dapat didefinisi sebagai senyawa hidrokarbon terpolimerisasi, yang mengandung ikatan silang (crosslinking) serta gugus-gugus fungsional yang mempunyai ion-ion yang dapat dipertukarkan. Jenis-jenis resin yakni resin kation asam kuat, kation asam lemah, anion basa kuat, dan anion basa kuat. Prinsip Ion Exchanger adalah pada proses tersebut senyawa yang tidak larut, dalam hal ini resin, menerima ion positif atau negatif tertentu dari larutan dan melepaskan ion lain ke dalam larutan tersebut dalam jumlah ekivalen yang sama. Jika ion yang dipertukarkan berupa kation, maka resin tersebut dinamakan resin penukar kation, dan jika ion yang dipertukarkan berupa anion, maka resin tersebut dinamakan resin penukar anion. Rangkaian alat ion exchanger terdiri dari 3 buah tangki, yaitu tangki penukar kation, tangki penukar anion, dan tangki karbon aktif yang masing-masing terbuat dari FRP. Pada tangki tersebut yang bagian atas terdapat way valve untuk melakukan filter, fast rinse maupun back wash. Metode yang digunakan dalam analisis kadar Ca dan Mg adalah kompleksometri yaitu metode titrasi dimana titran dan titratnya saling membentuk kompleks netral yang yang terdisosiasi dalam larutan. Dalam praktikum ini untuk menguji kesadahan dilakukan dengan alat Ion Exchanger dan Ion Exchanger kombinasi karbon aktif, dengan air sebanyak 110 liter diambil sampel 10 ml tiap 10 menit selama 6 kali. Hasil dari pengamatan didapatkan untuk penurunan nilai kesadahan enggunakan koombinasi zeolit yaitu 1,2 ppm, 1,1 ppm, 0,9 ppm, 0,8 ppm, 0,7 ppm, dan 0,6 pmm. Sedangkan untuk hasil penurunan nilai kesadahan dengan ion exchanger tanpa kombinasi zeolit didapatkan 1,4 ppm, 1,3 ppm, 1,2 ppm, 1,1 ppm, 1,0 ppm, 0,9 ppm. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan Ion Exchanger kombinasi zeolit lebih efektif, karena zeolit berfungsi sebagai adsorben yang mampu menyerap ion Fe dan Mn yang terkandung dalam air dan menyerap bakteri E.Coli. (Kesadahan, Ion Exchanger, zeolit, resin)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:47780
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Mar 2016 08:32
Last Modified:03 Mar 2016 08:32

Repository Staff Only: item control page