HUBUNGAN PERSEPSI PERAWAT TENTANG KARAKTERISTIK PEKERJAANNYA DENGAN KEPATUHAN DALAM PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN: KAJIAN DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD KOTA MATARAM NTB

Putra, Ageng Abdi and REJEKI, SRI and Kristina, Tri Nur (2016) HUBUNGAN PERSEPSI PERAWAT TENTANG KARAKTERISTIK PEKERJAANNYA DENGAN KEPATUHAN DALAM PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN: KAJIAN DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD KOTA MATARAM NTB. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
1128Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

28Mb

Abstract

Pendokumentasian asuhan keperawatan sangat penting namun pada implementasinya sering diabaikan/tidak dipatuhi. Kelengkapan, ketepatan, dan kualitas dokumentasi keperawatan masih sering menjadi temuan. Karakteristik pekerjaan adalah dimensi pekerjaan yang di dalamnya terdapat sifat dan jenis tugas, dimana dalam pelaksanaannya dibutuhkan kreatifitas, perilaku dan sikap yang professional sehingga dapat mencapai kinerja yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi perawat tentang karakteristik pekerjaannya dengan kepatuhan dalam pendokumentasian asuhan keperawatan. Metode: Penelitian ini menggunakan desain observasional dengan pendekatan belah lintang. Sampel penelitian adalah 62 perawat di ruang instalasi rawat inap RSUD Kota Mataram, yang diambil dengantehnik simple random sampling. Hasil: Sebagian besar(72,6%) perawat menyatakan karakteristik pekerjaannya termasuk baik dan 90,3% kepatuhan perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan juga termasuk baik. Uji korelasi menggunakan pearson product moment menunjukkan hubungan yang lemah dan bermakna (r = 0,306 dengan p value =0,016). Variasi keterampilan, identitas tugas, dan kemaknaan tugas berhubungan dengan kepatuhan, sedangkan otonomi dan umpan balik tidak berhubungan dengan kepatuhan. Simpulan: Persepsi perawat tentang karakteristik pekerjaannya berhubungan dengan kepatuhannya dalam pendokumentasian asuhan keperawatan. Saran: Diperlukan pengaturan karakteristik pekerjaan, memberi penghargaan bagi perawat yang patuh, memberi teguran bagi yang tidak patuh dan meningkatkan pengawasan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nursing
ID Code:47764
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Mar 2016 10:03
Last Modified:02 Mar 2016 10:03

Repository Staff Only: item control page