KANDUNGAN LOGAM BERAT PADA HATI AYAM BROILER STRAIN LOHMAN YANG DIBERI CAMPURAN PAKAN TEPUNG DAUN KIAMBANG (Salvinia molesta)

BRIANSYAH, ACHMADES DEMUNITA (2014) KANDUNGAN LOGAM BERAT PADA HATI AYAM BROILER STRAIN LOHMAN YANG DIBERI CAMPURAN PAKAN TEPUNG DAUN KIAMBANG (Salvinia molesta). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan dan Pertanian.

[img]
Preview
PDF
564Kb
[img]
Preview
PDF
37Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

811Kb

Abstract

ACHMADES DEMUNITA BRIANSYAH. 23010110130231. 2014. Kandungan Logam Berat Pada Hati Ayam Strain Lohman Yang Diberi Campuran Pakan Tepung Daun Kiambang (Salvinia molesta). (Heavy metal Residues of Liver Broiler Chicken Strain Lohman after feed mixture meal (Salvinia molesta) (Pembimbing : BAMBANG DWILOKA dan ISMARI ESTININGDRIATI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan logam berat pada hati ayam broiler strain Lohman yang diberi perlakuan pakan campuran gulma Salvinia molesta yang berasal dari Rawapening. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan September 2013 – Oktober 2013. Pemeliharaan dan pemotongan dilaksanakan di Kandang Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Preparasi sampel dilaksanakan di Laboratorium Rekayasa Pangan dan Hasil Pertanian, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Analisis logam berat dilaksanakan di Wahana Laboratorium, Semarang. Materi yang digunakan adalah 100 ekor ayam broiler strain Lohman yang diambil 8 ekor untuk dianalisis hatinya,tepung daun Kiambang (Salvinia molesta), air Rawapening. Pengujian logam berat dilaksanakan dengan metode AAS. Rancangan percobaan yang digunakan saat pemeliharaan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan 5 ulangan. Data Kandungan logam berat dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (anova) dengan galat 5%, apabila hasil analisis menunjukan pengaruh nyata maka di uji lanjut dengan uji Wilayah Ganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian perlakuan pakan campuran Salvinia molesta nyata berpengaruh (P < 0,05) terhadap kandungan Cu dan As pada hati ayam broiler, namun tidak berbeda (P > 0,05) terhadap kandungan Zn, Hg, dan Fe di dalam hati ayam broiler. Kandungan logam berat Zn, Cu, Hg, As, dan Fe yang terdapat didalam hati menunjukan masih dibawah ambang batas. Simpulan penelitian ini adalah pemberian perlakuan pakan campuran Salvinia molesta pada ayam broiler hingga 18 % tidak mempengaruhi kandungan Zn, Hg dan Fe pada hati ayam broiler, meskipun Cu dan As meningkat kandunganya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:47725
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Feb 2016 15:01
Last Modified:26 Feb 2016 15:17

Repository Staff Only: item control page