ANALISA PENGARUH PERILAKU AFEKTIF NASABAH DAN KOMPETENSI TENAGA PENJUAL (SALESMAN) TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK DI PT BPR SYARIAH ARTHA SURYA BAROKAH SEMARANG

INDRASMITHA, Gustyana and KODOATIE, Johanna Maria and Sutopo, Sutopo (2012) ANALISA PENGARUH PERILAKU AFEKTIF NASABAH DAN KOMPETENSI TENAGA PENJUAL (SALESMAN) TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK DI PT BPR SYARIAH ARTHA SURYA BAROKAH SEMARANG. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
429Kb

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada faktor-faktor yang berpengaruh pada afektif nasabah dan kompetensi tenaga penjual (salesman) terhadap keputusan nasabah menggunakan produk. Banyaknya pertumbuhan Bank Syariah, terutama untuk BPR Syariah di Indonesia sangatlah fantastis, Adanya pandangan bahwa bunga (interest) pada bank konvensional hukumnya haram karena termasuk dalam kategori riba yang dilarang oleh agama, bukan saja pada agama Islam tetapi dilarang juga oleh agama lainnya,dari asepek ekonomi penyerahan resiko usaha terhadap salah satu pihak dinilai melanggar norma keadilan. Dalam jangka panjang sistem perbankan konvensional akan menyebabkan penumpukkan kekayaan pada segelintir orang yang memiliki kapital besar. Data empiris yang ditemukan menunjukkan masalah pada keputusan nasabah menggunakan produk terlihat dari penurunan DPK, Asset, dan Pembiayaan Pada PT BPR Syariah Artha Surya Barokah.Atas dasar hal tersebut maka masalah yang dirumuskan dalam penelitian adalah ‘’ Bagaimana pengaruh perilaku afektif nasabah dan kompetensi tenaga penjual secara bersama-sama (simultan) terhadap tingkat keputusan nasabah dalam menggunakan produk di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Artha Surya barokah Semarang.’’ Untuk menjawab permasalahan tersebut, dilakukan telaah pustka serta jurnal-jurnal penelitian terdahulu yang selanjutnya mengarahkan peneliti untuk mengembangkan tiga buah konstruk yang diteliti. Hipotesis diuji dengan menggunakan perangkat lunak statisktik SPSS 13. Data empiris yang diperlukan untuk menguji hipotesis yang diperoleh dari 100 kustioner yang disebarkan kepada responden nsabah PT BPR Syariah Artha Surya Barokah Semarang. Dari hasil analisis terhadap model penelitian yang diuji menunjukkan bahwa model yang dapat diterima berdasarkan indeks-indeks kelayakan model. Sedangkan dari hasil pengujian hipotesis kausalitas menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari perilaku afektif nasabah, kompetensi tenaga penjual (salesman), dan keputusan nasabah dalam menggunakan produk PT BPR Syariah Artha Surya Barokah dan adanya pengaruh positif dan signifikan dari perilaku afektif nasabah terhadap keputusan nasabah menggunakan produk

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:47708
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Feb 2016 17:43
Last Modified:23 Feb 2016 17:43

Repository Staff Only: item control page