ANALISIS PENGARUH JUMLAH EKUITAS, LDR, NPL, BOPO DAN NIM TERHADAP RENTABILITAS PERBANKAN (Studi Pada Bank Pembangunan Daerah di Indonesia Periode 2006 – 2010)

SULDIARTA, Suldiarta and MAHFUD, Mohammad Kholiq and PRASETIONO, Prasetiono (2012) ANALISIS PENGARUH JUMLAH EKUITAS, LDR, NPL, BOPO DAN NIM TERHADAP RENTABILITAS PERBANKAN (Studi Pada Bank Pembangunan Daerah di Indonesia Periode 2006 – 2010). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
77Kb

Abstract

Kinerja perusahaan yang ditunjukkan dalam laporan keuangan bermanfaat bagi stakeholders. Untuk dapat mengetahui kinerja perusahaan tersebut dengan menganalisis laporan keuangan berupa neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas maupun laporan-laporan lain yang dianggap perlu. Analisis secara mudah dan cepat dapat menggunakan rasio-rasio keuangan. Dari hasil penelitian-penelitian terdahulu dapat disimpulkan bahwa rasio-rasio keuangan seperti LDR, NPL, BOPO dan NIM mempunyai pengaruh yang berbeda terhadap rentabilitas (ROA) bank. Demikian pula kondisi empiris menunjukkan arah yang berbeda dengan seharusnya. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa Jumlah Ekuitas dan NPL tidak berpengaruh terhadap Rentabilitas (ROA). Sedangkan LDR, BOPO dan NIM berpengaruh terhadap Rentabilitas (ROA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rentabilitas yang diproksikan dengan ROA dapat meningkat seiring dengan adanya perubahan pada LDR, BOPO dan NIM. Hal ini menandakan bahwa peningkatan kredit, peningkatan efisiensi dan peningkatan pendapatan bunga bersih dapat menyebabkan adanya peningkatan perolehan laba bagi Bank Pembangunan Daerah.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:47655
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:18 Feb 2016 18:32
Last Modified:18 Feb 2016 18:32

Repository Staff Only: item control page