GAMBARAN PERBEDAAN USIA AWAL PUBERTAS DAN KEMATANGAN SEKSUAL SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR (STUDI DI KECAMATAN SEMARANG TENGAH KOTA SEMARANG)

HARDY, MILKA NOVIANANDA (2016) GAMBARAN PERBEDAAN USIA AWAL PUBERTAS DAN KEMATANGAN SEKSUAL SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR (STUDI DI KECAMATAN SEMARANG TENGAH KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
41Kb

Abstract

Pubertas adalah peristiwa pematangan yang memicu pengembangan fungsi reproduksi dan munculnya karateristik seksual sekunder. Usia awal pubertas dan kematangan seksual baik di negara maju maupun di negara berkembang telah mengalami penurunan. Penurunan ini dikorelasikan dengan meningkatnya risiko kanker payudara, kanker prostat, dan obesitas. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan perbedaan penurunan usia awal pubertas dan kematangan seksual siswa dan siswi SD di Kecamatan Semarang Tengah serta faktor faktor yang mempercepatnya. Penelitian ini merupakan studi komparatif menggunakan desain cross sectional dengan metode survei deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD kelas IV,V,VI dan siswi SD kelas III,IV,V,VI dengan jumlah sampel sebanyak 126 siswa dan 166 siswi. Hasil penelitian menunjukkan responden laki-laki lebih banyak belum mengalami perkembangan pubertas (55,6%) dibandingkan dengan responden perempuan (45,2%). Rerata usia awal pubertas pada kedua kelompok responden sama-sama mengalami penurunan jika dibandingkan standar namun responden perempuan lebih cepat mengalami awal pubertas dibandingkan dengan responden laki-laki. Kematangan seksual lebih awal, lebih banyak terjadi pada responden laki-laki (50%) namun tidak menunjukkan selisih yang jauh dengan responden perempuan (46,2%). Usia awal pubertas yang lebih cepat dan kematangan seksual lebih awal, terjadi lebih banyak pada anak laki-laki dengan status sosial ekonomi tinggi dan memiliki berat badan berlebih, serta pada anak perempuan dengan status sosial ekonomi tinggi, memiliki berat badan berlebih dan asupan protein harian berlebih. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa responden perempuan mengalami perkembangan pubertas lebih awal dibandingkan dengan responden laki-laki. Disarankan kepada orangtua dan pihak sekolah untuk memberikan pengetahuan mengenai pertumbuhan masa pubertas Kata Kunci: percepatan usia awal pubertas, kematangan seksual, anak SD

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:47652
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:18 Feb 2016 15:54
Last Modified:18 Feb 2016 15:54

Repository Staff Only: item control page