STUDI FENOMOLOGY SKIM PEMBIAYAAN UMKM dan PENINGKATAN KINERJA UMKM (STUDI KASUS UMKM FURNITURE PEMASOK PT JEPARA EXPRES SEJAHTERA INTERNATIONAL )

FITRIA, Shoimatul and Nasir, Mohamad and HARYANTO , A Mulyo (2012) STUDI FENOMOLOGY SKIM PEMBIAYAAN UMKM dan PENINGKATAN KINERJA UMKM (STUDI KASUS UMKM FURNITURE PEMASOK PT JEPARA EXPRES SEJAHTERA INTERNATIONAL ). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
335Kb

Abstract

Pemerintah telah banyak melakukan usaha untuk membantu permodalan UMKM, berbagai skim kredit dan pembiayaan untuk UMKM diluncurkan seperti KUR, PMT, Gapoktan dan lain lain. Di pertengahan tahun 2010 ini KUR baru mampu diserap 47% oleh UMKM walaupun persaratannya sudah diperlunak. Hal ini dikarenakan UMKM bersifat unik, yaitu feasible tetapi tidak bankable. Selain itu pembiayaan yang dilakukan hanya sebatas menyalurkan modal saja, padahal permasalahan UMKM bukan hanya pada modal, tetapi mengenai keahlian di bidang pemasaran, financial, dan managerial perusahaan. Dari sinilah maka perlu penelitian mendalam bagaimana merumuskan skim pembiayaan yang dianggap menarik oleh UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma interpretive dengan pendekatan fenomology dan instrumen penelitian studi kasus pada UMKM furniture supplier PT Jepara Express International. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan metode Milles dan Hubberman. Kredibilitas data diuji dengan metode trianggulasi teknik, sumber data, dan waktu. Dari metode penelitian yang dilakukan, UMKM Furniture di Jepara memaknai suatu pembiayaan dianggap menarik bagi mereka adalah ketika bentuk yang dilakukan adalah kemitraan dengan sistem klaster dengan pola bagi hasil menjadi solusi bagi penyaluran dana program untuk UMKM Furniture di Jepara. Selain itu dibentuk Entitas tertentu yang menjadi alternatif penyaluran skim pembiayaan untuk UMKM Furniture di Jepara. Melalui Entitas tertentu ini UMKM Furniture di Jepara dapat mengakses pembiayaan dan juga mendapatkan pendampingan di bidang marketing, financial, dan managerial perusahaan. Program pendampingan inilah yang akhirnya UMKM dapat meningkatkan kinerja dari UMKM Furniture di Jepara. Di waktu mendatang perlu penelitian lebih lanjut, entitas seperti apakah yang cocok untuk mewakili seluruh keterbutuhan UMKM dalam pembiayaan dan pendampingan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:47647
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:18 Feb 2016 14:37
Last Modified:18 Feb 2016 14:37

Repository Staff Only: item control page