ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN (Studi Perbandingan Pada Bank Persero dan BUSN Devisa di Indonesia Periode Tahun 2007-2009)

PRAJOGO, Lydia Inggriana Juniati and CHARIRI, Anis and MAHFUD, Mohammad Kholiq (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN (Studi Perbandingan Pada Bank Persero dan BUSN Devisa di Indonesia Periode Tahun 2007-2009). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
130Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari faktor-faktor: NPL, CAR, LDR, BOPO, NIM, dan PLO terhadap ROA yang merupakan salah satu ukuran kinerja keuangan bank, dengan membandingkan kineria keuangan perbankan antara Bank Persero dan BUSND di Indonesia Periode Tahun 2007- 2009. Data diperoleh dari laporan keuangan triwulan di Direktori Perbankan Indonesia periode 2007-2009. Jumlah populasi penelitian ini adalah 31 bank umum dan jumlah sampel sebanyak 21 bank umum yang terdiri dari 4 bank persero dan 17 BUSND dengan melalui tahap purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda yang dilanjutkan dengan uji Chow Test dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa NPL, CAR, LDR, BOPO, NIM, dan PLO berpengaruh signifikan terhadap ROA baik untuk Bank Persero maupun Bank BUSND, tetapi NPL dan BOPO berpengaruh negatif terhadap ROA, sedangkan empat variabel yang lamberpengaruh positif. Uji Chow test menghasilkan nilai Chow test F sebesar 4,87. Nilai F tabel diperoleh sebesar 2,14. Dengan demikian diperoleh nilai Chow test (4,87) > F tabel (2,14). Hal ini berarti terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dari pengaruh 6 variabel bebas tersebut terhadap ROA pada Bank Persero dan Bank BUSND. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keenam variabel tersebut memiliki kemampuan prediksi sebesar 88,5% terhadap ROA Bank Persero, sedangkan untuk BUSND keenam variabel tersebut memiliki kemampuan prediksi sebesar 88,8%.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:47628
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:17 Feb 2016 19:26
Last Modified:17 Feb 2016 19:26

Repository Staff Only: item control page