STATUS RESISTENSI LARVA Aedes aegypti (Linnaeus) TERHADAP TEMEPHOS (STUDI DI KELURAHAN JATIASIH KECAMATAN JATIASIH KOTA BEKASI PROVINSI JAWA BARAT)

SINAGA, LASRIKA S (2015) STATUS RESISTENSI LARVA Aedes aegypti (Linnaeus) TERHADAP TEMEPHOS (STUDI DI KELURAHAN JATIASIH KECAMATAN JATIASIH KOTA BEKASI PROVINSI JAWA BARAT). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
47Kb

Abstract

Larvasida temephos telah sejak lama digunakan dalam pengendalian vektor Demam Berdarah Dengue (DBD) Aedes aegypti. Penggunaan insektisida dalam waktu yang lama dan terus menerus dapat meningkatkan kejadian resistensi insektisida tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui status resistensi larva Ae. aegypti di Kelurahan Jatiasih Kecamatan Jatiasih Kota Bekasi terhadap temephos. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen murni ( True Experiment ) dengan rancangan postes dengan kelompok kontrol ( Postest Only Control Group Design ) dengan sampel penelitian larva Ae. aegypti instar III dan awal instar IV hasil pemeliharaan larva generasi pertama dari larva hasil survei. Hasil penelitian menunjukkan persentase kematian larva Ae. aegypti dari Kelurahan Jatiasih terhadap temephos dengan menggunakan konsentrasi 0,0025 mg/l; 0,005 mg/l; 0,01 mg/l; 0,02 mg/l; 0,04 mg/l dan 0,08 mg/l. Berdasarkan kategori konsentrasi yang dianjurkan WHO sebesar 0,02 mg/l menunjukkan bahwa Kelurahan Jatiasih Kecamatan Jatiasih Kota Bekasi masih rentan terhadap temephos dengan kematian larva Ae. aegypti sebesar 98%. Analisis data yang diuji menggunakan uji Kruskall Wallis dan uji post hoc Mann Whitney Test untuk mengetahui adanya perbedaan pada tiap konsentrasi. Pada uji Kruskall Wallis diperoleh nilai 0.001 (p<0.05) artinya terdapat perbedaan rata – rata kematian larva Ae. aegypti terhadap berbagai konsentrasi temephos. Berdasarkan analisis probit, menunjukkan bahwa konsentrasi temephos yang efektif membunuh 50% dan 99% larva (Lethal Concentration/LC) 24 jam berturut – turut adalah 0,018 mg/l dan 0,146 mg/l. Kesimpulan penelitian ini adalah temephos masih layak digunakan sebagai larvasida dalam pengendalian vektor di Kelurahan Jatiasih Kecamatan Jatiasih Kota Bekasi. Kata Kunci: Resistensi, Larva, Aedes aegypti, Temephos

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:47574
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:11 Feb 2016 15:54
Last Modified:11 Feb 2016 15:54

Repository Staff Only: item control page