ANALISIS PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KEPRIBADIAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Pada Perum BULOG Divisi Regional Jawa Tengah)

ARYAWAN, Fandy and Wahyudi, Sugeng and Yuniawan, Ahyar (2012) ANALISIS PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KEPRIBADIAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Pada Perum BULOG Divisi Regional Jawa Tengah). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
581Kb

Abstract

Keberhasilan BULOG dalam mewujudkan visi dan misinya sangat tergantung dengan kinerja dan produktivitas karyawan. Setiap organisasi atau instansi dalam melaksanakan program yang diarahkan selalu berdaya guna untuk mencapai tujuan perusahaan. Salah satu caranya adalah meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini mengangkat fenomena rendahnya kinerja karyawan di Bulog Divre Jawa Tengah. Berdasarkan permasalahan kinerja yang dihadapi Bulog Divisi Regiolah Jawa Tengah penelitian ini selanjutnya menguji pengaruh kecerdasan emosional, kepribadian dan kepuasan kerja terhadap kinerja. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Perum BULOG Divisi Regional Jawa Tengah sebanyak 119 pegawai. Karena jumlah pegawai yang relatif kecil, maka sampel penelitian ini sama dengan populasi atau penelitian sensus. Analisis dilakukan dengan menggunakan regresi berganda. Pemilihan regresi dilakukan berdasarkan kepentingan analisis, dimana tujuan riset ini adalah menguji sejumlah variabel independen terhadap variabel dependen. Berdasarkan analisis yang dilakukan penelitian ini menyimpulkanm bahwa: (1) Semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi tingkat kinerja Karyawan Bulog Divre Jawa Tengah. Untuk itu dalam proses seleksi pegawai baru di masa yang akan datang diharapkan untuk memprioritaskan calon pegawai dengan tingkat kecerdasan emosional yang tinggi. (2) Kepribadian berpengaruh terhadap kinerja Karyawan Bulog Divre Jawa Tengah, dengan demikian disimpulkan bahwa semakin mendukung karakteristik kepribadian untuk produktif maka semakin tinggi kinerja. (3) Kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja, artinya bahwa tinggi rendahnya tingkat kepuasan seorang karyawan tidak berkaitan dengan tinggi rendahnya kinerja mereka.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:47560
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:10 Feb 2016 20:43
Last Modified:10 Feb 2016 20:44

Repository Staff Only: item control page