ANALISIS PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA SBI, DPK, INFLASI, KREDIT NON LANCAR, DAN NILAI TUKAR TERHADAP LDR PADA BANK UMUM DI INDONESIA TAHUN 2006 – 2009

PUTRI, Dwi Anggraeni Sri Hadi and CHABACHIB, Mochammad and PENGESTUTI, Irene Demi (2012) ANALISIS PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA SBI, DPK, INFLASI, KREDIT NON LANCAR, DAN NILAI TUKAR TERHADAP LDR PADA BANK UMUM DI INDONESIA TAHUN 2006 – 2009. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]Microsoft Word
211Kb
[img]
Preview
PDF
425Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh tingkat suku bunga SBI, Dana Pihak Ketiga (DPK), Inflasi, Kredit Non Lancar, dan Nilai Tukar terhadap Loan to Deposit Ratio (LDR). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 121 bank umum di Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta F-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan tingkat signifikansi 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukkan data yang tersedia telah memenuhi syarat menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Tingkat Suku Bunga SBI dan DPK berpengaruh positif signifikan terhadap LDR. Variabel NPL berpengaruh negatif signifikan terhadap LDR, sedangkan variabel Tingkat Inflasi dan nilai tukar (kurs) tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap LDR. Kemampuan prediksi dari kelima variabel tersebut terhadap LDR dalam penelitian ini sebesar 92,7 %, sedangkan sisanya 7,3 % dipengarui oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:47542
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:09 Feb 2016 20:46
Last Modified:09 Feb 2016 20:47

Repository Staff Only: item control page