Tindak Tutur Berjanji dalam Debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Indonesia Tahun 2014

Jayanti , Rani (2016) Tindak Tutur Berjanji dalam Debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Indonesia Tahun 2014. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
1471Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Tindak tutur merupakan salah satu domain kajian pragmatik yang dapat dipahami bahwa mengatakan sesuatu berarti melakukan suatu tindakan. Penelitian ini berfokus pada kajian tindak tutur berjanji dengan objek debat Calon Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2014. Tujuan penelitian adalah menjelaskan bentuk linguistik tindak tutur berjanji yang disampaikan oleh kandidat dan menjelaskan isi tindak tutur berjanji yang dilakukan oleh para kandidat tersebut. Teori tindak tutur Searle dan teori kondisi kelayakan Mey digunakan dalam analisis kajian ini. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan data penelitian berupa tuturan berjanji. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik yang dikembang oleh Miles dan Huberman, mencakupi tiga langkah, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk linguistik tindak tutur berjanji yang disampaikan oleh para kandidat mencakupi tindak tutur berjanji yang: a) disampaikan dengan struktur kalimat kondisional, b) mengandung modalitas kata ‘ingin’, c) mengandung modalitas kata ‘harus’, d) mengandung modalitas kata ‘akan’, e) disampaikan dengan subjek kata ‘kami’ dan ‘kita’, f) disampaikan tanpa IFID berjanji. Ditemukan juga bahwa isi tindak tutur berjanji yang disampaikan oleh para kandidat mencakupi beberapa bidang, yaitu berjanji untuk: a) membangun demokrasi, b) mewujudkan pemerintahan yang bersih, dan c) menegakkan kepastian hukum, d) membangun ekonomi, e) membangun kesejahteraan sosial, dan f) meningkatkan pangan. Pada umumnya, tindak tutur berjanji dalam debat ini dilakukan tanpa IFID berjanji dan disampaikan secara langsung.

Item Type:Thesis (Masters)
Additional Information:Pembimbing: Dr. Nurhayati, M.Hum.
Uncontrolled Keywords:speech act of commissive, IFID of commissive, context, presidential debate tindak tutur berjanji, IFID berjanji, konteks, debat calon presiden dan calon wakil presiden
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:47519
Deposited By:Mahasiswa Magister Linguistik
Deposited On:23 Feb 2016 09:38
Last Modified:13 Feb 2018 09:55

Repository Staff Only: item control page