GAMBARAN EPIDEMIOLOGI CEDERA KEPALA PADA KORBAN AKIBAT KECELAKAAN LALULINTAS (Studi Kasus pada Pengendara Sepeda Motor di Kabupaten Kendal)

LATIFA, KURNIA NUR (2015) GAMBARAN EPIDEMIOLOGI CEDERA KEPALA PADA KORBAN AKIBAT KECELAKAAN LALULINTAS (Studi Kasus pada Pengendara Sepeda Motor di Kabupaten Kendal). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
34Kb

Abstract

Cedera kepala akibat kecelakaan lalulintas merupakan penyebab kematian dan kecacatan, akan tetapi belum ada data tentang gambaran epidemiologi cedera kepala pada korban akibat kecelakaan lalulintas pengendara sepeda motor di Kabupaten Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran epidemiologi cedera kepala pada korban akibat kecelakaan lalulintas pengendara sepeda motor di Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif secara kuantitatif dan kualitatif dengan desain studi cross sectional. Data korban diperoleh dari Laporan Polisi Polres Kendal Januari – Desember 2014. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 128 orang dan tujuh informan terpilih. Hasil penelitian kuantitatif responden dengan proporsi paling banyak adalah jenis kelamin laki laki (62,5%), umur 15-44 tahun (76,2%) bekerja sebagai wiraswasta, karyawan, buruh, dan pelajar (62,6%), menderita cedera kepala ringan (53,9%). Responden paling banyak mengalami kecelakaan lalulintas pada pukul 06.00-18.00 WIB (69,5%), hari Senin-Jum’at (67,2%), di jalan nasional (72,7%), kondisi lingkungan cerah (90,6%), jalan lurus (85,9%) dan lalulintas ramai (53,9%). Hasil penelitian kualitatif diketahui perilaku pengendara seperti menyebrang atau berbelok terburu buru, mengantuk, memakai helm tidak standar dan tidak ditali, tidak memakai helm (dewasa dan anak anak), dan berboncengan tiga yang menyebabkan kecelakaan lalulintas. Kesimpulan penelitian ini cedera kepala pada responden terjadi pada kelompok umur produktif dengan pekerjaan bervariasi pada jam dan hari kerja di jalan nasional yang ramai sebagian disebabkan perilaku berkendara responden yang kurang benar. Saran untuk pengendara sepeda motor harus berpastisipasi aktif dalam membangun budaya tertib berlalulintas dan mengajarkan pada anak anak sejak dini serta perlu adanya ketegasan dalam penegakan peraturan secara konsisten dari kepolisian bagi pengendara yang melanggar lalulintas. Kata Kunci: Epidemiologi, Cedera Kepala, Kecelakaan Lalulintas

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:47498
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:02 Feb 2016 14:19
Last Modified:02 Feb 2016 14:19

Repository Staff Only: item control page