LATAR BELAKANG KETERTARIKAN TOKOH WATASHI TERHADAP KEHIDUPAN TOKOH ROKUZOO DALAM CERPEN HARU NO TORI PENDEKATAN STRUKTURALISME GREIMAS [春の鳥]という短編にいる「六蔵」の生活に興味がある「私」の理由の背景

Berlinda Hera, Eka Putri (2015) LATAR BELAKANG KETERTARIKAN TOKOH WATASHI TERHADAP KEHIDUPAN TOKOH ROKUZOO DALAM CERPEN HARU NO TORI PENDEKATAN STRUKTURALISME GREIMAS [春の鳥]という短編にいる「六蔵」の生活に興味がある「私」の理由の背景. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
250Kb

Abstract

ABSTRAKSI LATAR BELAKANG KETERTARIKAN TOKOH WATASHITERHADAP KEHIDUPAN TOKOH ROKUZOO DALAM CERPEN HARU NO TORI Berlinda Hera Eka Putri Studi ini meneliti cerpen Haru no Tori karya Kunikida Doppo yang diterbitkan pada tahun 1904. Haru no Tori memiliki arti burung musim semi.Haru no Tori menceritakan tentang kehidupan seorang anak laki-laki berusia 11 tahun bernama Rokuzoo yang menderita keterbelakangan mental, sehingga membuat tokoh Watashi yang juga seorang guru merasa tertarik atas kehidupan Rokuzoo yang dianggapnya menyedihkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjawab dua permasalahan utama, yaitu: 1) mengetahui struktur cerita cerpen Haru no Tori; 2) mengetahui latar belakang ketertarikan tokoh Watashiterhadap kehidupan tokoh Rokuzoo. Oleh karena itu, pendekatan yang digunakan penulis untuk menganalisis cerpen Haru no Tori adalah pendekatan struktural model Greimas. Metode Greimas menggunakan dua cara, yaitu skema aktansial dan struktur fungsional. Pendekatan tersebut digunakan untuk mempermudah penulis menentukan alur cerita dan sudut pandang yang berbeda、sehingga dapat diketahui latar belakang ketertarikan tokoh Watashi terhadap kehidupan tokoh Rokuzoo dalam cerpen Haru no Tori. Hasil penelitian berdasarkan skema aktansial dan struktur fungsional Greimas,ditemukannya empat belas (14) skema aktansial, lima (5) struktur fungsional, dan aktan utama yang merupakan inti cerita cerpen Haru no Tori, yaitu usaha tokoh Watashi mencari tahu tentang kehidupan tokoh Rokuzoo. Jadi, dari penelitian tersebut dapat tiga kesimpulan bahwa latar belakang tokoh Watashi tertarik terhadap kehidupan tokoh Rokuzoo yaitu: 1) karena tokoh Watashi yang berprofesi sebagai guru merasa memiliki kewajiban untuk menolong kehidupan tokoh Rokuzoo yang menyedihkan dengan cara memberikan pendidikan untuk Rokuzoo. 2) Rasa balas budi tokoh Watashi terhadap Taguchi yang telah berbaik hati menyewakan kamar untuk ia tinggali.3) Selain itu, tokoh Watashi merasa tertarik dengan karakteristik Rokuzoo yang aneh, yaitu kesukaannya pada burung. Kata kunci: latar belakang, Haru no Tori, strukturalisme Greimas.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Japanese
ID Code:47431
Deposited By:Indra
Deposited On:28 Jan 2016 10:19
Last Modified:28 Jan 2016 10:19

Repository Staff Only: item control page