Analisis Manajemen Linen di Ruang Rawat Inap RS Bhayangkara Kediri

Widyowati, Agustin and Sugiarto, J and Mawarni, Atik (2016) Analisis Manajemen Linen di Ruang Rawat Inap RS Bhayangkara Kediri. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]Microsoft Word
23Kb
[img]
Preview
PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf)
12Kb

Abstract

Universitas Diponegoro Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsentrasi Administrasi Rumah Sakit 2015 ABSTRAK Agustin Widyowati Analisis Manajemen Linen di Ruang Rawat Inap RS Bhayangkara Kediri xvii + 151 halaman + 18 tabel + 8 gambar + 7 lampiran Linen rumah sakit harus dapat memberikan kesan “homestay” sebagai pencitraan dari rumah sakit dan untuk melaksanakan aktivitas tersebut diperlukan suatu manajemen linen. Berdasarkan hasil observasi peneliti didapatkan bahwa manajemen linen yang dilakukan di RS Bhayangkara Kediri belum dilakukan dengan baik. Kesesuaian perencanaan linen yang disediakan rumah sakit belum memenuhi 5 par stock dan belum ada pelabelan waktu untuk mengetahui berapa kali linen dicuci. Pengendalian linen yang meliputi SOP pengelolaan linen, pencatatan/ pelaporan tingkat kerusakan linen dan supervisi belum dilakukan dengan baik. Kualitas linen yang masih rendah dan belum dilakukan pengecekan angka kuman. Distribusi linen didapatkan linen yang masih mengendap di salah satu ruangan (laundry/ ruang rawat inap). Berbagai permasalahan tersebut dapat menghambat dalam pelayanan penggantian linen kepada pasien sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana manajemen linen di ruang rawat inap RS Bhayangkara Kediri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 128 responden yang terdiri dari pihak manajemen, petugas laundry dan perawat. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert dan dianalisis menggunakan SEM AMOS. Hasil analisis SEM Amos didapatkan pengaruh langsung kesesuaian perencanaan linen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas linen (p<0,05), pengendalian linen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas linen (p<0,05), kualitas linen berpengaruh positif dan signifikan terhadap distribusi linen (p<0,05), kesesuaian perencanaan linen tidak berpengaruh terhadap distribusi linen (p=0,173), pengendalian linen tidak berpengaruh terhadap distribusi linen (p=0,194) dan pengaruh tidak langsung kesesuaian perencanaan linen terhadap distribusi linen melalui kualitas linen (p<0,05) dan pengendalian linen terhadap distribusi linen melalui kualitas linen (p<0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah kesesuaian perencanaan dan pengendalian linen berpengaruh terhadap distribusi linen melalui kualitas linen di ruang rawat inap RS Bhayangkara Kediri. Berdasarkan hasil analisis tersebut disarankan supaya pihak manajemen RS Bhayangkara Kediri memperbaiki proses perencanaan dan sistem pengadaan linen yang sesuai dengan standart, meningkatkan supervisi pemantauan kegiatan linen, memperbaiki proses pencucian sehingga menghasilkan linen yang berkualitas serta tersedianya kemudahan akses dalam pendistribusian linen. Kata kunci : Perencanaan Linen, Pengendalian Linen, Kualitas Linen, Distribusi Linen Kepustakaan : 41 (1994 - 2014) Diponegoro University Faculty of Public Health Master’s Study Program in Public Health Majoring in Hospital Administration 2015 ABSTRACT Agustin Widyowati Analysis of Linen Management at Inpatient Room of Bhayangkara Hospital in Kediri xvii + 151 pages + 18 tables + 8 figures + 7 appendices Linen in a hospital must provide impression of homestay as a good image of a hospital. To conduct its activity, there needs a linen management. Based on the results of observation showed that a linen management at Bhayangkara Hospital in Kediri had not well implemented. Appropriateness of a linen plan provided by the hospital had not met 5 par stock and there was no time information to identify a frequency of washing linen. Controlling linen consisted of SOP of a linen management, recording/reporting an extent of linen damage, and supervision had not well conducted. A linen quality was low and there was no test of microorganism. There was any linen at one of the laundry rooms/inpatient rooms. These problems could be obstacles in changing linen for patients. The aim of this study was to analyse a linen management at inpatient room of Bhayangkara Hospital in Kediri. This was a quantitative study. Number of samples were 128 respondents consisted of a hospital management, laundry attendants, and nurses. Data were collected using a questionnaire with Likert scales and analysed using SEM AMOS. The results of this research showed that appropriateness of a linen plan and controlling linen directly positively influenced a linen quality (p<0.05). The linen quality directly positively influenced a linen distribution (p<0.05). Appropriateness of a linen plan and controlling linen did not influence the linen distribution (p=0.173 and p=0.194 respectively). Appropriateness of a linen plan and controlling linen influenced the linen distribution indirectly through the linen quality (p<0.05). Appropriateness of a linen plan and controlling linen influenced the linen distribution through the linen quality at inpatient room of Bhayangkara Hospital in Kediri. The hospital management needs to improve a planning process and procurement system of linen in order to fulfil a standard. In addition, the management also needs to improve supervising and monitoring linen activities, to improve a washing process in order to result high quality linen, and to provide access in distributing linen. Keywords : Linen Plan, Controlling Linen, Linen Quality, Linen Distribution Bibliography : 41 (1994-2014)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health
ID Code:47367
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Jan 2016 11:57
Last Modified:14 Jan 2016 11:57

Repository Staff Only: item control page