NUGROHO, ISTI and Wijayanti, Wijayanti and Werdiningsih, Hermin (2015) SEKOLAH INKLUSI DI KABUPATEN BOYOLALI. Undergraduate thesis, FAKULTAS TEKNIK UNDIP.
| PDF 129Kb | |
| PDF 322Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 2285Kb | ||
PDF Restricted to Repository staff only 1322Kb | ||
| PDF 134Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 1264Kb | ||
PDF Restricted to Repository staff only 749Kb |
Abstract
Pendidikan memiliki perananan yang sangat penting dalam pembangunan suatu bangsa. Banyak kajian menyatakan tentang besarnya suatu bangsa dikarenakan pendidikan. Pendidin memiliki hubungan dengan sumber daya manusia dengan kualitas dan kemajuan suatu bangsa yang adil dan makmur. Pendidikan yang merata, bermutu dan relevan merupajan salah satu pendidikan yang mengembangkan dan memfasilitasi perubahan. Selama beberapa dasawarsa setelah ditetapkan Deklarasi Universal, terdapat banyak upaya yang dilakukan untuk mencapai pendidikan universal. Pada Deklarasi Dunia Jomtien tentang Pendidikan untuk Semua di Thailand tahun 1990 menyatakan pada pasal III tentang Universalisasi Akses dan Mempromosikan Kesetaraan dimana dinyatakan bahwa terdapat kesenjangan pendidikan dan bahwa kelompok tertentu rentan akan diskriminasi dan ekslusi. Hal ini mencakup anak perempuan, orang miskin, anak jalanan, anak pekerja, penduduk perdesaan dan daerah terpencil, etnik minoritas dan kelompok-kelompok lainnya. Sebuah komitmen aktif harus dibuat untuk menghilangkan kesenjangan pendidikan. Pengembangan sekolah inklusi di Boyolali pada saat ini berkembang dimana peralihan sekolah regular menjadi sekolah dengan menggunakan sistem pendidikan inklusif dimana hal ini tidak disertai dengan sarana dan prasarana yang mampu menunjang segala jenis kebutuhan aktual dari anak. Dari fenomena tersebut, dapat dilihat bahwa sekolah inklusi yang telah ada di Kabupaten Boyolali belum sepenuhnya mampu menunjang segala kebutuhan aktual dari anak. diperlukan suatu sekolah inklusi dimana sekolah inklusi merupakan suatu strategi untuk mempromosikan pendidikan universal yang efektif dimana dapat menciptakan sekolah yang responsive terhadap beragam kebutuhan aktual dari anak dan masyarakat. Kata Kunci : Pendidikan Universal ,Sekolah Inklusi, Kabupaten Boyolali
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering |
ID Code: | 47279 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 05 Jan 2016 09:57 |
Last Modified: | 05 Jan 2016 09:57 |
Repository Staff Only: item control page