Pengaruh Spiritual Leadership Terhadap Kinerja Perawat Dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan Di RSUD H. Dr. Soewondo Kendal

Enok, Enok and Sujianto, Untung and Ardani, M.Hasib (2015) Pengaruh Spiritual Leadership Terhadap Kinerja Perawat Dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan Di RSUD H. Dr. Soewondo Kendal. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
3763Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

12Mb

Abstract

Kinerja perawat yang belum optimal dalam asuhan keperawatan akan berdampak terhadap mutu pelayanan keperawatan di rumah sakit. Kepemimpinan merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya. Pelayanan keperawatan di rumah sakit membutuhkan pemimpin yang efektif. Salah satu model kepemimpinan yang mampu menjawab masalah kepemimpinan dalam organisasi adalah spiritual leadership guna mengoptimalkan kinerja perawat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan spiritual leadership terhadap kinerja perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan di RSUD Dr. H Soewondo Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimen pre and post design with control group. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Subjek penelitian 48 responden yang dipilih berdasarkan propotional ramdom sampling. Analisis yang digunakan univariat, bivariat dengan independenten t test dan paired t test. Kelompok intervensi diberikan penerapan spiritual leadership menunjukkan peningkatan kinerja perawat 29.63 poin dan adanya pengaruh penerapan spiritual leadership terhadap kinerja perawat dengan p value 0.001. Pada kelompok yang tidak diterapkan spiritual leadership mengalami penurunan rerata 0.34 poin, tidak ada perbedaan kinerja perawat sebelum dan setelah penerapan spiritual leadership, p value 0.892. Dengan memberikan penerapan spiritual leadership akan meningkatkan kinerja perawat dalam memberikan asuhan keperawatan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:47237
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Dec 2015 16:12
Last Modified:30 Dec 2015 16:12

Repository Staff Only: item control page