PENGARUH PENERAPAN DISCHARGE PLANNING DENGAN PENDEKATAN FAMILY CENTERED NURSING TERHADAP MOTIVASI DAN KESIAPAN KELUARGA DALAM MERAWAT PASIEN STROKE PASCA AKUT DI RS. ISLAM SURABAYA

Damawiyah, Siti and Chasani, Shofa and Hidayati, wahyu (2015) PENGARUH PENERAPAN DISCHARGE PLANNING DENGAN PENDEKATAN FAMILY CENTERED NURSING TERHADAP MOTIVASI DAN KESIAPAN KELUARGA DALAM MERAWAT PASIEN STROKE PASCA AKUT DI RS. ISLAM SURABAYA. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
1499Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

3713Kb

Abstract

Latar belakang : Discharge Planning di RS. Islam Surabaya dilakukan pada saat pasien akan pulang saja yaitu berupa petunjuk pasien pulang. Pemberian health education kepada pasien dan keluarga masih bersifat incidental, diberikan jika ada pertanyaan dari pasien atau keluarganya saja dan belum dikemas dalam format pendidikan kesehatan yang sesuai dengan kondisi pasien. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan discharge planning dengan pendekatan family centered nursing terhadap motivasi dan kesiapan keluarga dalam merawat pasien stroke pasca akut di RS. Islam Surabaya. Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan desain Quasy Experimental, Control Group Pre Test-Post Test Design. Sampelnya adalah keluarga penderita stroke yang dirawat di RS. Islam Surabaya sebanyak 28 responden (14 responden kelompok perlakuan dan 14 responden kelompok kontrol) .Teknik pengambilan sampel dengan consecutive sampling. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney dengan tingkat signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kelompok perlakuan meningkat sesudah diberikan discharge planning dengan pendekatan Family Centered Nursing yaitu dari mean (rerata) 44,5 menjadi 54,7. Kesiapan kelompok perlakuan meningkat sesudah diberikan discharge planning dengan pendekatan family centered nursing yaitu dari nilai persentase siap 28,6% menjadi 78,6%. Hasil uji statistik dengan Mann Whitney didapatkan nilai p = 0,014 (p < 0,05) berarti terdapat pengaruh motivasi sebelum dan sesudah diberikan discharge planning dengan pendekatan Family Centered Nursing pada kelompok perlakuan. Hasil uji statistik kesiapan dengan Mann Whitney didapatkan nilai p = 0,009( p < 0,05) berarti terdapat pengaruh sebelum dan sesudah diberikan discharge planning dengan pendekatan Family Centered Nursing pada kelompok perlakuan. Simpulan : Penerapan discharge planning dengan pendekatan family centered nursing meningkatkan motivasi dan kesiapan keluarga dalam merawat pasien pasca stroke akut di RS. Islam Surabaya. Diharapkan pada penelitian selanjutnya untuk melakukan perluasan populasi penelitian dan perencanaan pulang diikuti sampai dirumah.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:47236
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:30 Dec 2015 14:25
Last Modified:30 Dec 2015 14:25

Repository Staff Only: item control page