Kadar Protein, Kadar Kalsium dan Uji Kesukaan Susu Kental Manis Kacang Hijau dengan Penambahan Tepung Azolla (Azolla pinnata) dan Tepung Cangkang Telur Ayam

Utami, Tenia Rema and Rustanti, Ninik (2015) Kadar Protein, Kadar Kalsium dan Uji Kesukaan Susu Kental Manis Kacang Hijau dengan Penambahan Tepung Azolla (Azolla pinnata) dan Tepung Cangkang Telur Ayam. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Accepted Version
866Kb

Official URL: http://expocpnsbumn.blogspot.co.id/

Abstract

Latar Belakang: Kekurangan asupan zat gizi pada remaja terutama protein dan kalsium dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan tubuh. Susu nabati merupakan makanan tambahan rendah lemak dan bebas laktosa untuk mencukupi kebutuhan gizi remaja. Azolla pinnata dan cangkang telur ayam merupakan bahan alami yang mengandung tinggi protein dan kalsium yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan susu kental manis kacang hijau tinggi protein dan tinggi kalsium yang dibutuhkan remaja. Tujuan: Menganalisis pengaruh penambahan tepung azolla dan tepung cangkang telur ayam terhadap kadar protein, kalsium, dan tingkat kesukaan susu kental manis kacang hijau. Metode: Merupakan penelitian eksperimental rancangan acak lengkap dua faktor yaitu penambahan tepung azolla (2%; 4%; dan 6%) dan penambahan tepung cangkang telur ayam (0,25% dan 0,5%) pada pembuatan susu kental manis kacang hijau. Analisis statistik kadar protein dan kadar kalsium menggunakan uji Two Way ANOVA dilanjutkan uji Tukey, sedangkan uji kesukaan menggunakan uji Friedman dilanjutkan uji Wilcoxon. Hasil: Penambahan tepung azolla dan tepung cangkang telur dapat meningkatkan kadar protein dan kadar kalsium susu kental manis kacang hijau secara signifikan. Kadar protein tertinggi pada susu kental manis dengan penambahan 6% tepung azolla dan 0,5% tepung cangkang telur yaitu 12,52%. Kadar kalsium tertinggi pada susu kental manis kacang hijau dengan penambahan 6% tepung azolla dan 0,5% tepung cangkang telur yaitu 303,06mg/100g. Penambahan tepung azolla dan tepung cangkang telur menurunkan tingkat kesukaan susu kental manis kacang hijau pada aroma, rasa, dan warna. Simpulan: Penambahan tepung Azolla pinnata dan tepung cangkang telur pada pembuatan susu kental manis kacang hijau meningkatkan kadar protein dan kalsium secara signifikan, dan menurunkan tingkat kesukaan terhadap rasa, aroma, dan warna secara signifikan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:susu kental manis; kacang hijau; Azolla pinnata; cangkang telur ayam; protein, kalsium
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:47070
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Dec 2015 13:51
Last Modified:08 Dec 2015 13:51

Repository Staff Only: item control page