PENGARUH PEMBERIAN JUS TOMAT (LYCOPERSICUM COMMUNE ) TERHADAP TEKANAN DARAH SISTOLIK DAN DIASTOLIK LAKI-LAKI HIPERTENSIF USIA 40- 45 TAHUN

Paramita R, Sukma and Puruhita, Niken (2015) PENGARUH PEMBERIAN JUS TOMAT (LYCOPERSICUM COMMUNE ) TERHADAP TEKANAN DARAH SISTOLIK DAN DIASTOLIK LAKI-LAKI HIPERTENSIF USIA 40- 45 TAHUN. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF (Undergraduate Thesis) - Accepted Version
835Kb

Official URL: http://expocpnsbumn.blogspot.co.id/

Abstract

Latar Belakang : Hipertensi merupakan kondisi tekanan darah tinggi pada pembuluh darah arteri yang berlangsung secara terus-menerus dalam jangka waktu lama. Buah tomat (Lycopersicum commune) mengandung kalium yang mempunyai efek menurunkan tekanan darah. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pemberian jus buah tomat (Lycopersium commune ) terhadap tekanan darah sistolik dan diastolik pria hipertensif usia 40-45 tahun Metode: Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan pre-post control design. Jumlah subyek 34 orang dengan tekanan darah sistolik mempunyai tekanan darah sistolik >120-139 mmHg dan tekanan darah diastolik > 90-119 mmHg dan meminum obat antihipertensi. Jus tomat sebanyak 200 ml diberikan 1 kali sehari selama 14 hari terbuat dari 150 gram buah tomat, 2,5g gula diet dan 100 ml air. Hasil: Terdapat Penurunan tekanan darah sistolik sebesar 4,4mmHg dan tekanan darah diastolik sebesar 3,1 mmHg pada kelompok perlakuan dan pada kelompok kontrol terjadi penurunan tekanan darah sistolik 1,4 mmHg dan tekanan darah diastolik 1,4mmHg.Pemberian jus tomat berpengaruh terhadap penurunan tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik setelah dikontrol dengan IMT dan asupan kalium. Simpulan:Pemberian jus tomat dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada laki-laki usia 40-45 tahun.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:jus tomat, tekanan darah sistole dan diastole, hipertensi
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:47001
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Dec 2015 07:52
Last Modified:04 Dec 2015 07:52

Repository Staff Only: item control page