PERBEDAAN DAYA HIDUP NYAMUK Aedes aegypti SETELAH PEMAPARAN LC50 EKSTRAK DAUN SUKUN (Artocarpus altilis L.) DAN ANTI NYAMUK CAIR BERBAHAN AKTIF D-ALLETHRIN DAN TRANSFLUTHRIN

MULYANINGSIH, DEWI (2015) PERBEDAAN DAYA HIDUP NYAMUK Aedes aegypti SETELAH PEMAPARAN LC50 EKSTRAK DAUN SUKUN (Artocarpus altilis L.) DAN ANTI NYAMUK CAIR BERBAHAN AKTIF D-ALLETHRIN DAN TRANSFLUTHRIN. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
38Kb

Abstract

Masyarakat lebih memilih penggunaan insektisida sintetis dalam pemberantasan vektor penyakit DBD. Penggunaan insektisida sintetis dapat menyebabkan resistensi pada nyamuk dan pencemaran lingkungan. Alternatif lain adalah penggunaan insektisida nabati yang berasal dari tumbuhan seperti daun sukun (Artocarpus altilis L.) karena mengandung tannin, flavonoid dan alkaloid. Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan daya hidup nyamuk Aedes aegypti setelah dipapar LC50 ekstrak daun sukun, anti nyamuk cair berbahan aktif d-allethrin dan transfluthrin. Penelitian ini merupakan True Experiment dengan Post Test Only Control Group Design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 1380 ekor nyamuk Aedes aegypti berumur 3-5 hari yang diambil secara randomisasi. Hasil probit diperoleh nilai LC50 sebesar 400.000 ppm untuk ekstrak daun sukun, anti nyamuk cair berbahan aktif d-allethrin sebesar 30 ppm dan transfluthrin sebesar 35 ppm. Daya hidup diamati melalui lama hidup dan jumlah nyamuk survive. Hasil uji statistik One-Way Anova dengan uji signifikan Games Howell menunjukkan nyamuk Aedes aegypti pada kelompok pemaparan ekstrak daun sukun dengan kelompok d-allethrin, transfluthrin dan kontrol tween terdapat perbedaan banyaknya nyamuk survive (p=0,003) dan ada perbedaan lama hidup survive (p=0,000). Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan daya hidup nyamuk Aedes aegypti setelah pemaparan LC50 ekstrak daun sukun, anti nyamuk cair berbahan aktif d-allethrin dan transfluthrin.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:46907
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Nov 2015 15:49
Last Modified:26 Nov 2015 15:49

Repository Staff Only: item control page