RESEARCH BASED NURSING PRACTICE (RBNP):APLIKASI “SWITCH” SEBAGAI PANDUAN TIMBANG TERIMA PERIOPERATIF DI INSTALASI BEDAH SENTRAL (IBS) RSUP DR.KARIADI SEMARANG

Kusumaningrum, Niken Safitri Dyan (2015) RESEARCH BASED NURSING PRACTICE (RBNP):APLIKASI “SWITCH” SEBAGAI PANDUAN TIMBANG TERIMA PERIOPERATIF DI INSTALASI BEDAH SENTRAL (IBS) RSUP DR.KARIADI SEMARANG. In: Seminar Ilmiah Nasional Keperawatan 3rd Adult Nursing in Practice: Using Evidence in Care "Holistic Nursing in Emergency and Disaster: Issue and Future", 13 Juni 2015, Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1708Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Komunikasi efektif merupakan salah satu bentuk standar keselamatan pasien. Ruang operasi merupakan suatu unit khusus dibandingkan unit rawat inap lainnya sehingga membutuhkan metode komunikasi yang efektif untuk pertukaran informasi. Studi ini bertujuan untuk mengaplikasikan instrumen SWITCH di instalasi bedah sentral (IBS) pada perawat saat pergantian shift sebagai bentuk dari standar keselamatan pasien. Research Based Nursing Practice (RBNP) ini dilaksanakan dengan aplikasi instrumen SWICTH. Adapun aplikasi metode ini, dilakukan selama 2 minggu di Instalasi Bedah Sentral (IBS), khususnya ruang operasi 4 dan 5. Kriteria sampel dalam RBNP ini adalah perawat yang masih melakukan operasi saat jam shift telah berakhir. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2013 di Instalasi Bedah Sentral (IBS) RSUP dr. Kariadi Semarang. Pada saat penelitian terkumpul 21 lembar instrumen handover yang sebelumnya telah dibagikan di masing-masing ruangan. Scrub nurse dan perawat sirkulasi juga turut berpartisipasi dalam penelitian ini. Aplikasi RBNP yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa instrumen SWITCH dinilai efektif dengan penggunaannya yang hanya memerlukan waktu sekitar 8-15 menit. Selain itu, penggunaan instrumen ini juga dapat mengurangi terjadinya missing saat operan karena jelas dan mudah dipahami.

Item Type:Conference or Workshop Item (Poster)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:46656
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Oct 2015 16:06
Last Modified:20 Oct 2015 16:06

Repository Staff Only: item control page