HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI TIGA UPF RAWAT INAP RSUD DEMAK

APENDI, APENDI (1997) HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI TIGA UPF RAWAT INAP RSUD DEMAK. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
26Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apa ada hubungan antara karakteristik pasien dengan tingkat kepuasan pasien di tiga ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Demak. Metode penelitian yang digunakan cross sectional dengan jumlah responden 36 dengan kriteria telah ditentukan. Karakteristik pasien yang diteliti adalah umur, pendidikan, pekerjaan, lama hari perawatan dan tingkat sosial ekonomi. Tingkat kepuasan pasien yang diteliti adalah kompetensi teknis, hubungan interpersonal, kenyamanan, manfaat biaya yang dikeluarkan serta pemasaran Rumah Sakit. Untuk mengetahui apa ada hubungan antara karakteristik pasien dengan tingkat kepuasan pasien digunakan uji statistik dengan menggunakan rumus chi kuadrat, dengan signifikansi 5%. Secara keseluruhan diperoleh gambaran bahwa, sebagaian besar pasien adalah berusia dewasa 30-65 th (58,3%), tingkat pendidikan sebagian besar adalah berpendidikan menengah yaitu SLTP (33,3%), SLTA (30,7%), jenis pekerjaan adalah sebagaian besar swasta (38,8%) dan tani (36,2%), lama hari perawatan sebagian besar dirawat selama 3-4 hari, serta sosial ekonomi adalah sebagian besar golongan ekonomi bawah (61,2%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pasien menurut umur, lama hari rawat tidak terbukti nyata berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien. Sedangkan pendidikan,pekerjaan dan status sosial ekonomi terbukti nyata berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien. Selanjutnya dari penelitian dapat disarankan bagi pihak pemberi pelayanan kesehatan perlu adanya peningkatan: waktu untuk berkonsultasi dengan pasien, kenyamanan, pemberian ingormasi tentang tarif pelayanan. Bagi para peneliti perlu penelitian lanjutan terutama yang berkaitan dengan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pelayanan Rumah Sakit Umum Demak. Kata Kunci: TINGKAT KEPUASAN PASIEN

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:4645
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Jan 2010 10:42
Last Modified:20 Jan 2010 10:42

Repository Staff Only: item control page