PENINGKATAN SUNGAI BANJIR KANAL BARAT SEBAGAI PARIWISATA SUNGAI

ANGGARA, DHARMA P and WIWEKA , REKA (2015) PENINGKATAN SUNGAI BANJIR KANAL BARAT SEBAGAI PARIWISATA SUNGAI. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
192Kb

Abstract

1. ABSTRAK Semarang merupakan salah satu kota paling berkembang di provinsi Jawa Tengah. Perkembangan Kota Semarang dapat dilihat dari segi pariwisata. Peningkatan Fungsi Sungai Banjir Kanal Barat Semarang sebagai pariwisata sungai merupakan upaya peningkatan fungsi sungai yang hanya sebagai drainase utama kota untuk meneruskan pembuangan ke Laut Jawa. Untuk menambah daya tarik kawasan Sungai Banjir Kanal Barat diperlukan objek wisata yang unik. Salah satu alternatif obyek wisata yang unik yaitu obyek wisata dengan menggunakan kapal wisata. Tujuan studi Peningkatan Sungai Banjir Kanal Barat sebagai Pariwisata Sungai adalah untuk mengidentifikasi karakteristik, menganalisis debit banjir rencana, debit andalan, tinggi muka air Sungai Banjir Kanal Barat Semarang, menentukan kapal wisata yang digunakan, menghitung biaya operasional kapal dan tarif yang dibebankan terhadap penumpang. Metode yang digunakan dalam studi Peningkatan Sungai Banjir Kanal Barat sebagai Pariwisata Sungai meliputi metode survei dan metode analisis. Metode survei dilakukan dengan peninjauan langsung ke lokasi untuk mengetahui kondisi nyata di lapangan. Metode analisis yang digunakan meliputi analisis hidrologi dengan data debit 10 tahun, analisis hidrolika dengan bantuan program HEC-RAS, dan analisis penentuan kapal dengan mempertimbangkan kebutuhan lebar alur pelayaran, kedalaman alur pelayaran, ruang bebas alur pelayaran, dan operasional pelayaran. Direncanakan Debit banjir rencana 50 tahun sebesar 193,95 m3 / detik dan debit andalan sebesar 0,63 m3 / detik. Debit banjir rencana dan debit andalan selanjutnya untuk menentukan tinggi muka air yang berpengaruh terhadap kedalaman alur dan ruang bebas jembatan. Kedalaman alur yang diperlukan sebesar 0,6 m dan ruang bebas jembatan sebesar 2,6 m untuk Jembatan Lingkar Utara, Kereta Api BH-10, Banjir Kanal Barat, dan Lemah Gempal. Peningkatan Sungai Banjir Kanal Barat sebagai pariwisata sungai mulai dari Bendung Simongan sampai ke muara Sungai Banjir Kanal Barat Semarang. Pariwisata sungai menggunakan 2 speedboat 8 m terbuka dengan panjang 8 m, lebar 2,2 m, dan draft 0,4 m. Biaya Operasional Kapal sebesar Rp 901.226.545,- / tahun untuk biaya mulai dari investasi sampai biaya pengelolaan dan manajemen dengan 8 kali trip dalam satu hari. Tarif yang dibebankan setiap penumpang sebesar Rp 17.070,- untuk satu kali perjalanan. Kata Kunci : Pariwisata Sungai, Banjir Kanal Barat, Kapal

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:46442
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Sep 2015 08:11
Last Modified:21 Sep 2015 08:11

Repository Staff Only: item control page