ANALISIS STABILITAS LERENG JALAN TOL SEMARANG–SOLO PAKET III KALIREJO–BEJI STA 13+200 s/d STA 13+350

Mutiara , Nenny Pratiwi and Muhammad , Ulin Ni’am (2015) ANALISIS STABILITAS LERENG JALAN TOL SEMARANG–SOLO PAKET III KALIREJO–BEJI STA 13+200 s/d STA 13+350. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
201Kb

Abstract

ABSTRAK Pada awal perencanaan, ruas jalan tol Semarang–Solo Paket III Kalirejo–Beji Sta. 13+200 s/d 13+350, sepanjang daerah timbunan direncanakan dengan kemiringan lereng 1:1. Dalam pelaksanaannya untuk memperkecil resiko longsor kemiringan lereng diubah menjadi 1:1,5. Dari hasil perhitungan analisa kelongsoran dengan metode Fellenius, didapat angka faktor keamanan untuk lereng kemiringan 1:1,5 sebesar 1,474-1,508, sedangkan untuk lereng dengan kemiringan 1:1 sebesar 1,334-1,487. Pada analisis stabilitas lereng dengan software Plaxis, masing-masing jenis kemiringan ditinjau dalam 3 asumsi tipe perilaku tanah, yaitu tipe drained, undrained, dan nonporous. Dalam analisa Plaxis lereng dengan kemiringan 1:1,5, dengan beban lalu lintas sebesar 15 kN/m2, faktor keamanan yang didapat sebesar 1,454 (drained), 1,430 (undrained) dan 2,117 (nonporous). Sedangkan pada lereng kemiringan 1:1, faktor keamanan didapat sebesar 1,489 (drained), 1,286 (undrained) dan 1,651 (nonporous). Berdasarkan analisa kelongsoran diatas disimpulkan bahwa diperlukan penanganan alternatif pada timbunan badan jalan pada ruas jalan tol Semarang–Solo Sta. 13+200 s/d 13+350. Hasil faktor keamanan pada lereng dengan menggunakan metode Counter Weight, Portal Beton Bertulang, dan Bore Pile dengan kemiringan 1:1,5 yang didapat sebesar 1,576 (drained), 1,564 (undrained) dan 2,430 (nonporous). Sedangkan pada lereng kemiringan 1:1, hasil faktor keamanan yang didapat sebesar 1,705 (drained), 1,625 (undrained) dan 2,397 (nonporous). Dari hasil perhitungan analisa kelongsoran secara manual dengan menggunakan metode Fellenius, didapat angka faktor keamanan untuk lereng dengan kemiringan 1:1,5 sebesar 1,510-1,646, sedangkan untuk lereng dengan kemiringan 1:1 sebesar 1,553-1,702. Kata kunci: timbunan, longsor, angka keamanan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:46418
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Sep 2015 11:25
Last Modified:16 Sep 2015 11:25

Repository Staff Only: item control page