Pengaruh Nilai Waktu pada Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dalam Pemilihan Rute Jalan Eksisting dan Jalan Lingkar Ambarawa

Iqbal , Caesariawan and Devisanti , Nabilah Rizky (2015) Pengaruh Nilai Waktu pada Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dalam Pemilihan Rute Jalan Eksisting dan Jalan Lingkar Ambarawa. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
136Kb

Abstract

ABSTRAK Dewasa ini perkembangan mobilitas seseorang cenderung membutuhkan waktu yang lebih singkat, dimana waktu adalah komoditi yang tidak dapat dihemat ataupun disimpan sehingga bagi setiap orang waktu merupakan hal yang sangat penting. Dalam hal ini nilai waktu berubah sesuai dengan tingkat pendapatan, apabila dihadapkan dengan dua pilihan yaitu Jalan Lingkar dan Jalan Eksisting Ambarawa seseorang dengan tingkat pendapatan tinggi cenderung menghargai nilai waktu dengan memilih rute yang mempunyai nilai waktu lebih efisien. Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisa pengaruh nilai waktu perjalanan pengguna jalan dalam besarnya Biaya Operasional Kendaraan (BOK) terhadap pemilihan rute pada Jalan Lingkar dan Jalan Eksisting Ambarawa dengan Model Logit Binomial. Metodologi dalam penelitian ini ialah untuk menganalisis nilai waktu perjalanan digunakan metode Income Approach, kemudian untuk menganalisis hasil perhitungan nilai BOK digunakan rumus PCI (Pacific Consultant International), kemudian untuk menganalisis pemilihan rute dengan Model Logit Binomial. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa semakin besar nilai waktu pengguna jalan maka probabilitas pemilihan rute-A juga semakin meningkat, dikarenakan nilai waktu pengguna jalan dengan pendapatan yang lebih besar, lebih penting dibandingkan dengan nilai waktu pengguna jalan dengan pendapatan yang lebih rendah. Kata Kunci : Nilai Waktu, Biaya Operasional Kendaraan, Pemilihan Rute

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:46410
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Sep 2015 09:33
Last Modified:15 Sep 2015 09:33

Repository Staff Only: item control page