STABILISASI TANAH LEMPUNG EKSPANSIF GODONG-PURWODADI KM 48 MENGGUNAKAN PROSES ELEKTROKINETIK DENGAN STABILIZER ACCU ZUUR (Godong-Purwodadi KM ± 48 Expansive Clay Stabilization Using Electrocinetics Process with Accu Zuur as Stabilizer)

Doddy , Kurniawan and Shelvy , Winly R (2015) STABILISASI TANAH LEMPUNG EKSPANSIF GODONG-PURWODADI KM 48 MENGGUNAKAN PROSES ELEKTROKINETIK DENGAN STABILIZER ACCU ZUUR (Godong-Purwodadi KM ± 48 Expansive Clay Stabilization Using Electrocinetics Process with Accu Zuur as Stabilizer). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
83Kb

Abstract

ABSTRAK Elektrokinetik merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengurangi kadar air pada tanah lempung ekspansif, dengan cara menempatkan katoda dan anoda yang dialiri listrik ke dalam tanah dengan jarak dan waktu tertentu. Pada penelitian ini digunakan accu zuur sebagai stabilizer yang akan membantu proses pemecahan partikel air dan mengalirkan air dari anoda menuju katoda sebagai manifestasi gejala elektroosmosis. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan terbesar terjadi pada campuran dengan persentase accu zuur 20%, jarak potensial elektrokinetik 25 cm dan waktu elektrokinetik 24 jam dengan nilai kuat tekan bebas mengalami peningkatan menjadi 6,1937% dari hasil pengujian asli sebesar 3,798% pada pemadatan 56x tumbukan. Peningkatan nilai potensi mengembang dan tekanan mengembang maksimum masing-masing sebesar 8,91% dan 380 kPa, tidak mengalami penurunan seperti yang diharapkan. Sehingga disimpulkan peranan accu zuur hanya berfungsi sebagai elektrolit pereduksi air tetapi tidak dapat mengikat partikel tanah. Kata Kunci: Lempung Ekspansif, Stabilisasi Tanah, Elektrokinetik, Accu zuur

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:46402
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Sep 2015 08:57
Last Modified:14 Sep 2015 08:57

Repository Staff Only: item control page