Komparasi Parkir On Street terhadap Kinerja Jalan dengan Median dan Jalan Tanpa Median menggunakan Metode Simulasi ( Studi Kasus Jalan KH Agus Salim dan Jalan Pandanaran )

Denny , Kusumanegara and Eko , Bagus Cahyono (2014) Komparasi Parkir On Street terhadap Kinerja Jalan dengan Median dan Jalan Tanpa Median menggunakan Metode Simulasi ( Studi Kasus Jalan KH Agus Salim dan Jalan Pandanaran ). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
86Kb

Abstract

ABSTRAK Parkir on street adalah parkir yang mengambil tempat di sepanjang badan jalan. Hal ini memberikan dampak negatif bagi kelancaran arus lalu lintas, karena menyebabkan berkurangnya lebar jalan yang dapat dilalui kendaraan. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan parkir on street pada salah satu jalur di Jalan KH. Agus Salim dengan median dan Jalan Pandanaran tanpa median terhadap kinerja jalan, serta memberikan alternatif manajemen parkir. Analisis data yang digunakan adalah metode simulasi dari teori aliran berdasarkan model Greenshields, Greenberg, dan Underwood. Nilai koefisien korelasi (R) yang terbesar di antara ketiga model tersebut diambil untuk menentukan model yang digunakan. Berdasarkan hasil dari simulasi dapat dibandingkan kelancaran arus lalu lintas dengan adanya parkir on street pada jalan menggunakan median dan jalan tanpa median. Hasil analisis menunjukkan bahwa model Greenberg adalah model yang paling sesuai dengan karakteristik Jalan KH. Agus Salim dan Jalan Pandanaran. Hasil analisis simulasi konfigurasi sudut parkir di Jalan KH. Agus Salim pada hari Kamis menunjukkan DS sebesar 0,231, 0,472, dan 0,223 berturut-turut untuk konfigurasi parkir 0°, 90°, dan tanpa parkir, sedangkan DS hari Sabtu sebesar 0,303, 0,619, dan 0,292 untuk konfigurasi parkir yang sama. Hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan sudut parkir 0o, 90°, dan tanpa parkir pada jalan bermedian memberikan kinerja yang cukup baik jika dilihat dari nilai DS yang terjadi pada hari Kamis dan hari Sabtu. Jalan Pandanaran nilai DS akibat parkir on street hari Kamis dan hari Sabtu berturut-turut adalah 0,879, 1,981, 0,841 dan 0,903, 2,035, 0,864 untuk konfigurasi sudut parkir 0o, 90°, dan tanpa parkir. Hasil simulasi tersebut menunjukkan tanpa ada parkir di Jalan Pandanaran adalah solusi yang terbaik, sehingga kenyamanan dan keamanan dalam berlalu lintas dapat tercapai. Alternatif manajemen parkir yang diberikan yaitu, Jalan KH. Agus Salim menggunakan sudut parkir 0° dengan tetap adanya fasilitas u-turn, atau menggunakan sudut parkir 30° tetapi fasilitas u-turn ditutup. Jalan Pandanaran menggunakan sudut 0° dan larangan memutar arah, atau menyediakan parkir off street di sekitar kawasan Pandanaran dan menyediakan fasilitas kendaraan memutar arah. Penelitian ini hanya menganalisis kinerja pada satu jalur, maka penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk menganalisis parkir on street pada dua jalur di masing-masing jalan tersebut. Kata Kunci : Parkir on street, Jalan dengan median, Jalan tanpa median, Kinerja jalan, Metode Simulasi

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:46399
Deposited By:Mr. Adi Widayat
Deposited On:14 Sep 2015 08:52
Last Modified:14 Sep 2015 08:52

Repository Staff Only: item control page