PERENCANAAN KOLAM PELABUHAN PONDOK DAYUNG FASARKAN TANJUNG PRIOK JAKARTA UTARA

Asif, Murtadlo and Agus , Ristiyanto (2014) PERENCANAAN KOLAM PELABUHAN PONDOK DAYUNG FASARKAN TANJUNG PRIOK JAKARTA UTARA. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
89Kb

Abstract

Pelabuhan Pondok Dayung merupakan salah satu pelabuhan khusus yang peruntukannya mengacu sebagai salah satu penunjang sarana dan prasaran fasilitas pertahanan NKRI, yakni sebagai privasi agar TNI Angkata Laut memiliki sarana pelabuhan sendiri tidak tergantung pada instansi lain. Perencanaan Kolam Pelabuhan Pondok Dayung Fasarkan meliputi perencanaan desain pemecah gelombang, desain dermaga pelabuhan, desain alur pelayaran, serta desain kolam putar pelabuhan. Secara fungsional pelabuhan ini nantinya dipakai sebagai tempat merapat dan berlabuhnya kapal-kapal militer, serta tempat perbaikan kapal-kapal TNI AL khususnya untuk regional indonesia wilayah bagian barat dan sekitarnya. Pengolahan data selama perencanan meliputi pengolahan data kecepatan angin yang dipakai untuk peramalan bangkitan gelombang pada daerah laut dalam, didapatkan nilai tinggi gelombang signifikan (Ho=1,53 m) dan periode gelombang signifikan (To=9,585 dtk) dengan memakai distribusi probabilias gelombang menurut Gumbel (metode Fisher Tipe 1) kala ulang gelombang rencana selama 50 tahun. Pengolahan data pasang surut muka air laut serta data peta bathimetry dipakai sebagai acuan perencanaan tinggi elevasi bangunan breakwater dan dermaga, dari perhitungan pasang surut didapatkan nilai muka air laut rencana HHWL=+51,4 cm, MSL=±0,0 cm, dan LLWL=-34,6 cm. Data armada kapal dipakai sebagai acuan perhitungan perencanaan lebar alur pelayaran didapatkan lebar alur 216 m (dua jalur), dan kedalaman rencana draf kolam pelabuhan D=±12,25 m dari sea bet. Data geotek dipakai untuk mengetahui karakteristik tanah, sebagai acuan perencanaan tipe bangunan breakwater, dan perencanaan struktur pondasi dermaga. Hasil perencanaan bangunan pemecah gelombang dipakai tipe sisi miring (1:1,5) direncanakan panjang total L=1292 m, jumlah lapis n=2 layer Secondary layer tebal t=1 m berat butir batu pecah W = 168-200 kg untuk lapis dalam Core layer berat butir W=16-20 kg, dan desain elevasi mercu ±3,79 m dari MSL. Rencana dermaga panjang total 252 m dengan elevasi rencana +1,07 m dari MSL, rencana struktur pelat lantai tebal 20 cm, struktur pondasi tiang pancang Spun Pile Ø 50 cm dengan mutu beton K 500. Fasilitas dermaga yakni Fender tipe V (400H 1000L) dengan kapasitas energi benturan 160 kN, serta penambat tipe Bollard dengan kapasitas tarikan sebesar 35 ton. Selama perencanaan terdapat beberapa aspek yang disarankan untuk dikaji lebih detail khususnya mengenai permasalahan besar nilai tranport sedimentasi serta besar pendangkalan, dengan demikian besar nilai transport sedimen dan pendangkalan yang terjadi didalam kolam pelabuhan dapat diperhitungkan dan diminimalisir secara optimal. Kata kunci: Kolam pelabuhan, bangunan pemecah gelombang, dermaga, pelabuhan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:46362
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Sep 2015 09:23
Last Modified:11 Sep 2015 09:23

Repository Staff Only: item control page