Afif , Permana and Ahmad , Kirom (2015) Perancangan Ruas Jalan Alternatif Menuju Kampus UNDIP Melalui Sisi Utara Kampus. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF 87Kb |
Abstract
ABSTRAKSI Universitas Diponegoro telah diakui sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia. Hal ini semakin mendorong Universitas Diponegoro untuk selalu meningkatkan kualitasnya. Pada tahun 2015 ini, Universitas Diponegoro telah memiliki Hospital Teaching atau disebut dengan Rumah Sakit Nasional Diponegoro yang menjadi salah satu pendukung UNDIP menjadi sebuah universitas yang mandiri. Dan telah menyelesaikan pembangunan gedung-gedung kuliah serta laboratorium untuk pengembangan akademis di luas lahan sekitar 70.000 m2, selain itu pembangunan unit kegiatan ekonomi produktif juga terus dibangun seperti pembangunan Toko Buku dan Student Center yang sudah beroperasi di tahun 2015. Berdasarkan kondisi UNDIP saat ini, mobilisasi akses keluar masuk UNDIP Tembalang meningkat secara signifikan yang mengakibatkan kemacetan di ruas jalan Ngesrep IV hingga jalan Prof. Soedarto. Hal ini perlu diimbangi dengan penyediaan jalan yang lebih baik sehingga kemacetan yang terjadi dapat diminimalisir. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan adanya rencana pembangunan jalan alternatif lain menuju kampus UNDIP Tembalang melalui sisi Utara. Jalan alternatif ini direncanakan dari kampus UNDIP Tembalang menuju Jangli yang berfungsi untuk mengalihkan sebagian arus lalu lintas di Ngesrep dan jalan Prof. Soedarto, sehingga dapat meningkatkan aksesibilitas kegiatan, khususnya pendidikan di kampus UNDIP itu sendiri, dapat meningkatkan efisiensi waktu dan mengurangi tingkat kecelakaan, dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan dengan berkurangnya tingkat kemacetan di sekitar wilayah kampus UNDIP Tembalang. Perencanaan Jalan UNDIP-Jangli ini direncanakan dengan panjang jalan 4,72 km, yaitu dimulai dari STA 0+000 di BNI UNDIP dan berakhir di STA 4+720 di simpang Kasipah. Direncanakan jalur lalu lintas 4 lajur 2 arah terpisah median 1 m, lebar lajur 3 m, bahu 1 m, saluran samping 1 m, kecepatan rencana 60 km/jam, kelandaian memanjang maksimum 10 %, dengan jumlah lengkung horizontal 14 buah dan lengkung vertikal sebanyak 21 buah. Perkerasan yang digunakan adalah perkerasan lentur (flexible pavement) meliputi lapis permukaan laston AC-WC 4 cm dan laston AC-BC 5 cm, lapis pondasi atas batu pecah kelas A 20 cm, lapis pondasi bawah sirtu kelas A 20 cm, dengan nilai CBR lapangan 8,51 pada kondisi 90 %. Terdapat empat section dalam perencanaan perkerasan jalan UNDIP-Jangli, yakni: section I pada STA 0+000 s.d STA 0+850 merupakan overlay pada jalan eksisting, section II pada STA 0+850 s.d STA 2+000 merupakan perkerasan jalan baru, section III pada STA 2+000 s.d 2+850 merupakan overlay pada jalan eksisting, section IV pada STA 2+850 s.d 4+720 merupakan perkerasan jalan baru (kecuali pada jembatan atas Tol Tembalang), masing-masing overlay ada penambahan lapis permukaan AC-WC 4 cm dan AC-BC 5 cm. Proyek ini didesain untuk dapat dilaksanakan dalam jangka waktu satu tahun. Dana yang dibutuhkan sebesar Rp 45,525,890,000.00 ( empat puluh miliar lima ratus dua puluh lima juta delapan ratus sembilan puluh ribu rupiah ), sudah termasuk PPN 10 %. Dana tersebut dihitung berdasarkan harga satuan pada kondisi tahun 2015. Kata kunci : jalan UNDIP-Jangli
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
ID Code: | 46361 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 11 Sep 2015 09:20 |
Last Modified: | 11 Sep 2015 09:20 |
Repository Staff Only: item control page