Pola Jaringan Komunikasi ( Communication Network ) Masyarakat Miskin untuk Program-program Penanggulangan Kemiskinan ( Analisis Jaringan Komunikasi di Kelurahan Mluweh, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang )

Pradekso, Tandiyo and Setyabudi, Djoko and Dwiningtyas, Hapsari (2007) Pola Jaringan Komunikasi ( Communication Network ) Masyarakat Miskin untuk Program-program Penanggulangan Kemiskinan ( Analisis Jaringan Komunikasi di Kelurahan Mluweh, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang ). [Experiment]

[img]
Preview
PDF
492Kb

Abstract

Penelitian mengenai pola jaringan komunikasi (communication network) pada masyrakat miskin untuk program-program penanggulangan kemiskinan dimaksudkan untuk mengidentifikasi struktur jaringan komunikasi pada masyarakat miskin dan menjelaskan konfigurasi sosiometris berbagai macam fungsi dalam jaringan. Penelitian yang dilakukan pada masyarakat di Kelurahan Mluweh, Kecamatan Semarang Timur, Kabupaten Semarang ini berkaitan dengan empat program pengentasan kemiskinan yaitu Askeskin, BLT, BOS dan Raskin. Penelitian jaringan ditujukan pada kajian mengenai konfigurasi sosial yang terbentuk oleh pola-pola konkrit pilihan interpersonal, ketertarikan, ketidaksukaan dan hubungan-hubungan lain dimana berbagai individu terlibat didalamnya. Untuk merepresentasikan konfigurasi sosial digunakan metoda sosiogram yang dapat memetakan struktur dengan memvisualisasikan aliran komunikasi dan aliran pengaruh antara individu yang terlibat dalam jaringan. Konstruksi sosiogram memungkinkan identifikasi pemuka pendapat dan individu yang terisolasi, sekaligus juga mengungkap hubungan yang resiprokal dan asimetris, serta memetakan rantai hubungan. Dengan berfokus pada seluruh kepala keluarga di dusun Tegal Miring sebagai partisipan dalam penelitian ini, temuan penelitian menunjukan beberapa hal sebagai berikut. Terdapat pola yang serupa untuk berbagai program bantuan yang berbeda. Struktur jaringan informasi BLT berbentuk klik yang besar karena sumber BLT hanya orang-orang tertentu. Arus Informasi mengenai Raskin relatif lebih terbuka karena banyak individu di luar sistem yang dipilih sebagai sumber informasi. Sementara jaringan komunikasi Askeskin menunjukan bahwa arus komunikasi yang terbentuk bersifat terpusat. Secara umum dapat dikatakan bahwa orang-orang yang menjadi pembuka pendapat pada isu BLT, Askeskin dan Raskin adalah mereka yang memiliki posisi sosial formal dan memiliki tingkat partisipasi sosial yang tinggi.

Item Type:Experiment
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:46158
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:25 Aug 2015 14:38
Last Modified:25 Aug 2015 14:38

Repository Staff Only: item control page