Pengaruh Kampanye Pendidikan Media pada Perilaku Anak dalam Menonton Televisi

Pradekso, Tandiyo (2014) Pengaruh Kampanye Pendidikan Media pada Perilaku Anak dalam Menonton Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3 (1). pp. 1-14. ISSN 2310-6051

[img]
Preview
PDF (Jurnal Ilmu Komunikasi) - Published Version
782Kb

Abstract

Riset ini ditujukan untuk mengevaluasi program pendidikan media untuk guru dan orang tua murid SD Mangunharjo dan mengukur pengaruhnya pada perilaku anak menonton televisi. Dengan menggunakan metoda kuasi-eksperimental, hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh tertentu pada perilaku anak menonton televisi. Rata-rata penurunan durasi menonton televisi pada hari libur dan akhir pekan adalah 0,78 jam. Lebih tinggi dari rata-rata penurunan durasi pada hari sekolah (0,25 jam). Meskipun demikian, tidak terdapat perbedaan median total durasi menonton televisi pada hari sekolah antara pre-test dan post-test, yaitu 3 jam. Perbedaan median durasi menonton televisi justru terjadi pada hari libur dan akhir pekan yaitu menjadi 2 jam dari sebelumnya 2,5 jam. Mode durasi menonton televisi pada hari sekolah turun menjadi 2 jam dari sebelumnya yang 3 jam, sementara pada akhir pekan dan hari libur mode-nya adalah tidak menonton televisi (0 jam) dibanding 2 jam sebelum masa kampanye.

Item Type:Article
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:46135
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Aug 2015 13:36
Last Modified:21 Aug 2015 13:36

Repository Staff Only: item control page