Pradekso, Tandiyo (2014) Pengaruh Kampanye Pendidikan Media pada Perilaku Anak dalam Menonton Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3 (1). pp. 1-14. ISSN 2310-6051
| PDF (Jurnal Ilmu Komunikasi) - Published Version 782Kb |
Abstract
Riset ini ditujukan untuk mengevaluasi program pendidikan media untuk guru dan orang tua murid SD Mangunharjo dan mengukur pengaruhnya pada perilaku anak menonton televisi. Dengan menggunakan metoda kuasi-eksperimental, hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh tertentu pada perilaku anak menonton televisi. Rata-rata penurunan durasi menonton televisi pada hari libur dan akhir pekan adalah 0,78 jam. Lebih tinggi dari rata-rata penurunan durasi pada hari sekolah (0,25 jam). Meskipun demikian, tidak terdapat perbedaan median total durasi menonton televisi pada hari sekolah antara pre-test dan post-test, yaitu 3 jam. Perbedaan median durasi menonton televisi justru terjadi pada hari libur dan akhir pekan yaitu menjadi 2 jam dari sebelumnya 2,5 jam. Mode durasi menonton televisi pada hari sekolah turun menjadi 2 jam dari sebelumnya yang 3 jam, sementara pada akhir pekan dan hari libur mode-nya adalah tidak menonton televisi (0 jam) dibanding 2 jam sebelum masa kampanye.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
ID Code: | 46135 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 21 Aug 2015 13:36 |
Last Modified: | 21 Aug 2015 13:36 |
Repository Staff Only: item control page