SEKOLAH TERPADU SAMARINDA

Ananda Putri, Rizky and Adji Murtomo, Bambang and Indrosaptono, Djoko (2015) SEKOLAH TERPADU SAMARINDA. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
514Kb
[img]
Preview
PDF
643Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

3398Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

604Kb
[img]
Preview
PDF
302Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1188Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

609Kb
[img]
Preview
PDF
318Kb
[img]
Preview
PDF
274Kb

Abstract

Sekolah terpadu adalah sekolah-sekolah yang diselenggarakan dan berada dalam satu kawasan dan dikelola secara terpadu baik dari aspek kurikulum, pembelajaran, tenaga pengajar, sarana dan prasarana, manajemen, dan evaluasi sehingga menjadi sekolah yang efektif dan berkualitas. Kota Samarinda, sebagai ibukota provinsi Kalimantan Timur memiliki potensi penduduk dan investor yang cukup besar. Sementarasaranapendidikan yang ada, khususnyapendidikanmenengahpertama danmenengah atasbelumcukupmewadahikebutuhan pendidikanmasyarakatnya. Oleh karena itu penyelenggaraan sekolah terpadu dirasa cukup perlu sebagai salah satu usaha pemenuhan kebutuhan pendidikan di Kota Samarinda. Penekanan desain pada sekolah terpadu ini adalah neo-vernakular yang tanggap terhadap lingkungan sekitar baik dari segi kearifan lokal maupun penyesuaian lingkungan. Permasalahan yang timbul adalah bagaimana menyatukan dua tingkat pendidikan yang berbeda sehingga tetap harmonis dalam satu lingkungan, terutama dilihat dari sifat siswa-siswanya yang terdiri dari siswa SMP dan siswa SMA. Oleh karena itu aspek psikologi menjadi salah satu aspek yang menjadi pertimbangan dalam mendesain sekolah terpadu ini. Kajian diawali dengan mempelajari pengertian serta sistem penyelenggaraan sekolah terpadu, pedoman perencanaan sekolah, dan tinjauan arsitektur neo vernakular. Setelah itu dilakukan studi banding di beberapa sekolah di Samarinda dan Jakarta untuk mengetahui secara langsung aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam merencanakan dan merancang sebuah sekolah. Adapun tinjauan arsitektur neo vernakular diadaptasi dari Rumah Lamin, rumah adat provinsi Kalimantan Timur, baik dari segi bentuk dasarnya, strukturnya maupun corak warnanya. Pada akhirnya seluruh kajian tersebut dituangkan ke dalam bentuk program ruang dan konsep-konsep perancangan yang diaplikasikan ke dalam desain yang dipresentasikan ke dalam bentuk gambar-gambar arsitektur.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
ID Code:46064
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Aug 2015 11:00
Last Modified:06 Aug 2015 11:00

Repository Staff Only: item control page