KEMAMPUAN KOAGULAN KITOSAN DENGAN VARIASI DOSIS DALAM MENURUNKAN KANDUNGAN COD DAN KEKERUHAN PADA LIMBAH CAIR LAUNDRY (STUDY PADA RAHMA LAUNDRY, KECAMATAN TEMBALANG, KOTA SEMARANG)

PUTRI, DYAH AGUSTIN CATUR (2015) KEMAMPUAN KOAGULAN KITOSAN DENGAN VARIASI DOSIS DALAM MENURUNKAN KANDUNGAN COD DAN KEKERUHAN PADA LIMBAH CAIR LAUNDRY (STUDY PADA RAHMA LAUNDRY, KECAMATAN TEMBALANG, KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Limbah cair laundry mengandung beberapa bahan kimia pada bahan baku detergen seperti posfat, surfaktan, ammonia dan nitrogen serta kadar padatan terlarut, kekeruhan, BOD (Biologycal Oxygen Demands), dan COD (Chemical Oxygen Demands). Keberadaan detergen dalam konsentrasi tinggi dan melebihi baku mutu yang telah ditetapkan pada badan air dapat menyebabkan kasus pencemaran lingkungan berupa meningkatnya Kekeruhan dan Chemical Oxygen Demands (COD). Oleh karena itu untuk menjaga dan menjamin ketersediaan air dalam hal kualitas (mutu) diperlukan tratment (pengolahan) terhadap limbah cair laundry sebelum dibuang ke badan air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penurunan kandungan COD dan kekeruhan pada limbah laundry menggunakan koagulan kitosan di Rahma Laundry, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian pretest-postest with control group dengan replikasi 6 kali. Total sampel sebanyak 60 sampel yaitu 24 sampel untuk diuji kandungan COD dan 6 kontrol serta 30 sampel untuk diuji tingkat kekeruhan dan 6 kontrol. Hasil uji Wilcoxon Signed Ranks dengan signifikansi p-value < 0,05 menunjukkan bahwa variasi dosis (p=0,000) memberikan perbedaan kandungan COD dan variasi dosis (p=0,000) memberikan perbedaan tingkat kekeruhan. Rata-rata kandungan COD sebelum perlakuan adalah 755,97 mg/l dan rata-rata tingkat kekeruhan sebelum perlakuan adalah 512,20 NTU. Dosis optimum koagulan kitosan berada pada dosis 200 mg/l dengan efektifitas penurunan kandungan COD dan tingkat kekeruhan berturut-turut 72,67% dan 98,67%. Kata Kunci: Laundry, Chemical Oxygen Demands (COD), Kekeruhan, Koagulasi-Flokulasi, Kitosan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:45928
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:10 Jul 2015 15:08
Last Modified:10 Jul 2015 15:08

Repository Staff Only: item control page