HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN FISIK RUMAH DAN PERILAKU ANGGOTA KELUARGA DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA PADA BALITA (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Magelang Selatan Kota Magelang)

KUSUMAWATI, DIAH (2015) HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN FISIK RUMAH DAN PERILAKU ANGGOTA KELUARGA DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA PADA BALITA (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Magelang Selatan Kota Magelang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
41Kb

Abstract

Penyakit pneumonia masih menjadi masalah kesehatan dunia. Pneumonia merupakan infeksi akut saluran udara yang berpotensi untuk menyebabkan kesulitan pernapasan yang signifikan karena proses peradangan dimana terdapat konsolidasi yang disebabkan pengisian rongga alveoli oleh eksudat. Faktor risiko yang mempengaruhi kejadian pneumonia meliputi kondisi lingkungan fisik rumah dan perilaku anggota keluarga yang tidak sehat. Kejadian pneumonia tertinggi pada tahun 2014 terdapat di wilayah kerja Puskesmas Magelang Selatan, yaitu sebesar 232 kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kondisi lingkungan fisik rumah dan perilaku anggota keluarga dengan kejadian pneumonia pada balita di wilayah kerja Puskesmas Magelang Selatan Kota Magelang. Penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan desain studi Case Control. Sampel dalam penelitian ini adalah 90 balita berumur 12-59 bulan yang terdiri dari 45 kelompok kasus dan 45 kelompok kontrol dengan matching umur dan jenis kelamin balita. Analisis data menggunakan Uji Chi Square dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari faktor risiko lingkungan fisik rumah yang berhubungan dengan kejadian pneumonia balita yaitu tingkat kepadatan hunian (p=0,018; OR=3,143), intensitas pencahayaan alamiah dalam rumah (p=0,033; OR=2,768), dan tingkat kelembaban rumah (p=0,017; OR=3,231), sedangkan dari faktor risiko perilaku anggota keluarga yang berhubungan dengan kejadian pneumonia balita yaitu kebiasaan membuka jendela pagi dan siang hari (p=0,019; OR=3,077). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kondisi lingkungan fisik rumah dan perilaku anggota keluarga yang berhubungan dengan kejadian pneumonia balita meliputi tingkat kepadatan hunian, intensitas pencahayaan alamiah dalam rumah, tingkat kelembaban rumah, dan kebiasaan membuka jendela pagi dan siang hari. Kata Kunci: lingkungan fisik rumah, perilaku keluarga, pneumonia, balita.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:45927
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:10 Jul 2015 15:03
Last Modified:10 Jul 2015 15:03

Repository Staff Only: item control page