PENGARUH VARIASI KONSENTRASI AIR JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) DALAM MENURUNKAN KADAR KADMIUM (Cd) PADA DAGING KERANG DARAH (Anadara granosa)

NURVITA, SILVIA (2015) PENGARUH VARIASI KONSENTRASI AIR JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) DALAM MENURUNKAN KADAR KADMIUM (Cd) PADA DAGING KERANG DARAH (Anadara granosa). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Kerang darah banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Semarang. Kerang darah dapat mengakumulasi logam dalam tubuh lebih besar karena sifatnyamenetap dan filter feeder. Kerang darah di Pasar Gayamsari Semarang mengandung logam kadmium sebesar 0,695 ppm, kadar tersebut melebihi ambang batas ILO/WHO yaitu 0,1 ppm. Pada penelitian ini untuk mereduksi kadmium dalam kerang menggunakan larutan jeruk nipis. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi larutan jeruk nipis (Citrus aurantifolia) dalam menurunkan kadar kadmium (Cd) pada daging kerang darah (Anadara granosa. Jenis penelitian adalah quasi exsperiment dengan menggunakan non randomized pre test post test control group design. Populasi adalah kerang darah di Pasar Gayamsari Semarang. Sampel penelitian sebanyak 30, dengan 5 pengulangan,5 kali perlakuan dengan variasi larutan jeruk nipis 30%, 40%, 50%, 60%,70%. Analisis data menggunakan uji normalitas Shapiro – Wilk dan uji Kruskal – Wallis. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan kadar kadmium dari 0,695ppm menjadi 0,278ppm (59,80%). Hasil uji Kruskal-Wallis menunjukkan nilai p = 0,000 (p < 0,05) berarti ada perbedaan yang signifikan antara variasi konsentrasi larutan jeruk nipis dengan kadar kadmium pada daging kerang darah.Berdasarkan uji Mann – Whitney konsentrasi larutan jeruk nipisyang paling efektif dalam menurunkan kadar kadmium (Cd) pada daging kerang darah adalah 70%.Variasi konsentrasi larutan jeruk nipisterbukti berpengaruh dalam menurunkan kadar kadmium pada daging kerang darah (Anadara granosa). Kata Kunci: Kerang darah, Kadmium, Konsentrasi larutan jeruk nipis

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:45918
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Jul 2015 14:15
Last Modified:10 Jul 2015 14:15

Repository Staff Only: item control page