IMPLEMENTASI FUNGSI POKOK PELAYANAN PRIMER PUSKESMAS SEBAGAI GATEKEEPER DALAM PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL(STUDI DI PUSKESMAS JUWANA KABUPATEN PATI)

RAHMA, AINUR (2015) IMPLEMENTASI FUNGSI POKOK PELAYANAN PRIMER PUSKESMAS SEBAGAI GATEKEEPER DALAM PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL(STUDI DI PUSKESMAS JUWANA KABUPATEN PATI). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
42Kb

Abstract

Program Jaminan Kesehatan Nasional yang menganut prinsip managed care menitikberatkan kebutuhan pelayanan kesehatan pada Penyedia Pelayanan Kesehatan tingkat pertama (PPK I), dimana PPK I memiliki peran yang sangat penting karena sebagai gerbang utama pasien dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan (gatekeeper) sehingga diharapkan sebagian besar pelayanan kesehatan selesai ditingkat primer. Puskesmas sebagai FKTP mempunyai peran strategis dan keunggulan dalam mendukung terlaksananya JKN dibandingkan dengan praktik dokter, dan klinik swasta karena mempunyai 2 fungsi sekaligus yaitu fungsi penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP). Dimana fungsi pokok UKP Puskesmas dalam JKN sebagai gatekeeper adalah penguatan fungsi kontak pertama, fungsi pelayanan berkelanjutan, fungsi pelayanan paripurna, dan fungsi koordinasi pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis implementasi 4 fungsi pokok pelayanan primer Puskesmas sebagai gatekeeper dalam program JKN di Puskesmas Juwana Kabupaten Pati dengan pedoman Manual Pelaksanaan JKN-BPJS Kesehatan dan dengan indikator kinerja “Quality Indicators 9”. Penelitian ini dilakukan pada pemangku jabatan yang berkaitan dengan pelaksanaan fungsi pelayanan primer di Puskesmas Juwana, dengan 5 informan utama. Informan triangulasi adalah Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer (MPKP) BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pati dan Kepala Seksi Upaya Kesehatan Dasar dan Rujukan (UKDR) Dinas Kesehatan Kabupaten Pati. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi fungsi pokok pelayanan primer Puskesmas Juwana 70% telah sesuai dengan Pedoman “Manual Pelaksanaan JKN-BPJS Kesehatan”. Sedangkan berdasarkan 3 indikator penilaian QI9 dalam hal komitmen layanan untuk penentuan norma Kapitasi Berbasis Kinerja, Puskesmas Juwana hanya berhak memperoleh kapitasi Rp. 4500,00 pada bulan Januari-Maret 2015 Kata Kunci: BPJS Kesehatan, Gatekeeper, Puskesmas Juwana, Fungsi Pelayanan Primer

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:45911
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:10 Jul 2015 11:20
Last Modified:10 Jul 2015 11:20

Repository Staff Only: item control page