Efektifitas penggunaan game HOM (House of MBTI) sebagai alternatif alat tes kepribadian pada remaja

Ayu, Kurnia S and Ani, Shofwatillah and Nurul, Hidayat and Ibrahim, Kholil Rahman and Ulil, Albab Rabbani (2015) Efektifitas penggunaan game HOM (House of MBTI) sebagai alternatif alat tes kepribadian pada remaja. Artikel ilmiah .

[img]
Preview
PDF (Artikel Ilmiah) - Published Version
332Kb

Abstract

Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF) Irene Guntur, menyatakan sebanyak 87 persen mahasiswa di Indonesia mengaku salah memilih jurusan. Menurut Weiten (1995) yang menjadi faktor utama mahasiswa salah memilih jurusan adalah kurangnya kemampuan untuk mengenali minat dan bakatnya. Pada saat Sekolah Menengah Atas siswa banyak bertanya mengenai bakat yang sebenarnya dimiliki, namun banyak guru bingung dan tidak efisien dalam menjawab pertanyaan mengenai bakat dan minat siswanya. Saran selanjutnya untuk mengetahui minat dan bakat siswa adalah dengan melakukan tes psikologi. Namun banyak siswa yang tegang dan tidak terbuka saat melaksanakan test psikologi. Sebagai upaya preventif dalam memecahkan masalah tersebut, kami merancang sebuah ide untuk membuat sebuah game sebagai metode assessment mengenali minat dan bakat pada remaja dengan nama HOM (House Of MBTI). Metode pelaksanaan dari penelitian ini ada lima tahap yaitu mulai pelaksanaan, persiapan bahan dan alat, eksekusi pembuatan game, pengujian dan optimalisasi, dan uji coba game untuk melihat tingkat efektifitas game yang telah dibuat. Penelitian dilaksanakan kepada 25 Responden dengan menggunakan metode eksperimen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya tingkat keefektifan penggunaan game terhadap bakat remaja. Kata kunci : HOM (House Of MBTI), bakat, remaja

Item Type:Article
Subjects:Q Science > QP Physiology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:45813
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jun 2015 09:38
Last Modified:17 Jun 2015 09:38

Repository Staff Only: item control page