Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan untuk Mendukung Evaluasi Pelayanan di Puskesmas Kelayan Timur Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin

Hidayat, Ahmad and Hartini, Inge and Mawarni, Atik (2015) Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan untuk Mendukung Evaluasi Pelayanan di Puskesmas Kelayan Timur Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
36Kb

Abstract

Universitas Diponegoro Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen Kesehatan 2015 ABSTRAK Ahmad Hidayat Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan untuk Mendukung Evaluasi Pelayanan di Puskesmas Kelayan Timur Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin xix + 214 halaman + 27 tabel + 92 gambar + 11 lampiran Kegiatan evaluasi pelayanan pada Puskesmas Kelayan Timur Kota Banjarmasin sering berjalan kurang baik karena informasi yang dihasilkan dari kegiatan rawat jalan pasien setiap hari sebagai bahan utama yang diperlukan belum dapat mendukung kegiatan evaluasi. Ada beberapa permasalahan pada sistem informasi rawat jalan yang saat ini berjalan yaitu petugas kesulitan dalam melakukan perubahan data maupun mengakses kembali informasi mengenai kegiatan rawat jalan, data dan informasi yang dihasilkan belum lengkap, belum akurat serta belum sesuai dengan pengguna sistem, dan pelaporan yang tidak tepat waktu. Tujuan penelitian ini adalah merancang sistem informasi rawat jalan yang dapat digunakan untuk mendukung evaluasi pelayanan di Puskesmas Kelayan Timur Kota Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah desain Pre Experimental dengan pendekatan one group pretest-posttest, pengembangan sistem menggunakan metode FAST (Framework for the Application of System Techniques). Subjek penelitian terdiri dari 7 responden yang berasal dari Puskesmas Kelayan Timur. Hasil observasi dan wawancara dilakukan dengan metode analisis isi dan analisis deskriptif dengan menggunakan rata-rata tertimbang. Hasil analisis data secara deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata tertimbang secara keseluruhan kualitas informasi sebelum pengembangan sistem 1,34 dan setelah pengembangan sistem 3,48 dengan selisih 2,14. Perlu adanya komitmen dari pihak Puskesmas Kelayan Timur Kota Banjarmasin untuk memanfaatkan sistem informasi rawat jalan yang sudah dikembangkan secara optimal. Sosialisi dan pelatihan personil yang tidak hanya untuk pengguna sistem saja. Adanya anggaran khusus untuk biaya operasional dan perawatan sistem. Monitoring dan evaluasi bagi pengguna sistem sebaiknya dilakukan secara berkala oleh pihak Puskesmas. Kata Kunci : Sistem Informasi, Rawat Jalan, Puskesmas, Evaluasi Pelayanan Pustaka : 42 (1993-2011) Diponegoro University Faculty of Public Health Master’s Program in Public Health Majoring in Health Management Information System 2015 ABSTRACT Ahmad Hidayat Outpatient Information System Design to Support Evaluation of Services at East Kelayan Health Centre at South Banjarmasin Subdistrict in Banjarmasin City xix + 214 pages + 27 tables + 92 figures + 11 enclosures Activities of service evaluation at East Kelayan Health Centre in Banjarmasin City had not been well implemented because resulted information from outpatient activities had not supported the activities of service evaluation. Some problems in outpatient information system were as follows: an officer was difficult to modify data and to re-access information of outpatient activities, data and resulted information were incomplete, inaccurate, not in accordance with users, and ill-timed reporting. The aim of this study was to develop outpatient information system that could be used to support service evaluation at East Kelayan Health Centre in Banjarmasin City. This was qualitative and quantitative study using pre-experimental design with one-group pretest-posttest approach. Development of system used a FAST method (Framework for the Application of System Techniques). Research subjects consisted of seven respondents at East Kelayan Health Centre. Data collected from observation and interview were analysed using methods of content and descriptive analyses using balanced mean values. The results of this research showed that balanced mean value entirely before developing the system was 1.34 whereas the value after developing the system was 3.48. The difference was equal to 2.14. There needs any commitment from the health centre to utilise the new information system optimally. Activities of socialisation and personal training were not only for users. Specific budget needs to be allocated to operate and maintain the system. Monitoring and evaluation for users need to be conducted periodically by the health centre. Key Words : Information System, Outpatient, Health Centre, Service Evaluation Bibliography : 42 (1993-2011)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health
ID Code:45602
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 May 2015 09:56
Last Modified:20 May 2015 09:56

Repository Staff Only: item control page