Ari, Titis Bimo Kandhogo (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BRAND EQUITY YAMAHA PADA PRODUK MIO J. Masters thesis, Postgraduate Program in Communication Studies.
| PDF - Published Version 54Kb | |
| PDF - Published Version 135Kb | |
| PDF - Published Version 255Kb | |
| PDF - Published Version 443Kb |
Abstract
Abstrak Brand equity merupakan aset yang tak terlihat namun memiliki peranan penting bagi perusahaan. Dalam membangun dan meningkatkan brand equity, perusahaan harus mampu menciptakan asosiasi merek yang unik, identik dan disenangi. Berbagai upaya telah dilakukan oleh PT. YIMM selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Yamaha di Indonesia untuk menjadi merk kendaraan roda dua nomer satu di Indonesia. Strategi yang dilakukan Yamaha pada Mio J sebagai produk andalan di kategori sepeda motor matic antara lain dengan pemberian potongan harga, penggunaan celebrity endorser, dan iklan. Penelitian ini ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi brand equity Yamaha pada produk Mio J. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif secara eksplanatif dengan paradigma positivistik. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori elaboration likelihood model, teori pemrosesan informasi dan teori penilaian sosial, serta penggunaan konsep integrated marketing communication. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 200 sampel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terpaan iklan merupakan variable yang memberi pengaruh paling signifikan terhadap brand equity. Strategi promosi yang dilakukan oleh Yamaha pada produk Mio J melalui penggunaan celebrity endorser dan iklan sudah tepat karena berdampak positif dan meningkatkan brand equity, namun penggunaan potongan harga perlu dievaluasi kembali penerapannya karena berdampak negative dan dapat mengikis brand equity Yamaha pada produk Mio J. Kata kunci: Ekuitas Merek, Komunikasi Strategis, Promosi Produk, Abstract Brand equity is an intangible asset but has an important role for the company. To create and build brand equity, company needs to create an unique, identic, and favorable brand association. PT. YIMM as an Yamaha representative in Indonesia did everything to make Yamaha as a leader in Indonesia’s motorcycle industry. Mio J as a flagship product from Yamaha Indonesia comes with so many promotional strategy. Cut off price, celebrity endorser and advertising come as a Mio J’s promotional strategy. This research tried to find out the factors that play an important role for Yamaha brand equity on Mio J. This research use quantitative method and positivistic paradigm. Theories in this research are elaboration likelihood model, social processing theory and social judgment theory. This research uses 200 samples. The results of this research show us that advertising exposure is the most significant variable that affect brand equity. Generally, Yamaha’s promotional strategic for Mio J is a good promotional strategic, because celebrity endorser and advertising exposure give positive effect and increase brand equity, but cut-off price promotion needs to be evaluated because it give negative effect and decrease brand equity. Keywords: Brand Equity, Strategic Communication, Promotion
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Communication Science |
ID Code: | 45565 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 08 May 2015 21:42 |
Last Modified: | 18 Dec 2015 17:55 |
Repository Staff Only: item control page