Prio, Hananto (2015) Kicau Kita Selebrita Dunia Digital di Media Sosial (Studi Kasus Selebtwit untuk Komunikasi Pemasaran). Masters thesis, Postgraduate Program in Communication Studies.
| PDF - Published Version 75Kb | |
| PDF - Published Version 318Kb | |
| PDF - Published Version 981Kb | |
| PDF - Published Version 702Kb |
Abstract
ABSTRACT Pengguna media sosial Twitter di Indonesia yg mencapai 500 juta dan berada di urutan ke 4 sebagai negara dengan jumlah pengguna Twitter tertinggi di seluruh dunia menjadikan Twitter sebagai salah satu media sosial yg paling sering digunakan untuk melakukan komunikasi pemasaran. Salah satu metode pemasaran yang sering digunakan di Indonesia adalah dengan memanfaatkan aku Twitter personal yang memiliki jumlah follower tinggi yang sering disebut sebagai selebtwit. Konsep pemasaran dengan menggunakan selebtwit ini memiliki konsep yang sama dengan apa yang dikenal sebagai endorser atau juga dengan konsep pemasaran dengan menggunakan opinion leader didalam konsep media tradisional. Twitter sebagai media sosial adalah termasuk kedalam new media yang tentu saja menawarkan sesuatu yang berbeda dengan media tradisional. Komunikasi pemasaran dengan menggunakan selebtwit didalam Twitter merupakan sebuah fenomena unik, sebab selebtwit disini bukan.hanya merujuk kepada selebriti yang popular kemudian aktif di twitter, tetapi juga termasuk orang biasa yang aktif didalam twitter, dimana fenomena ini hanya ditemukan di Indonesia. Oleh karena itu untuk menjelaskan fenomena ini peneliti menggunakan metode studi kasus, dengan tipe peneletian deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data untuk menjelaskan permasalahan peneliti melakukan observasi partisipatif didalam dunia virtual Twitter dan juga melakukan wawancara terstruktur dengan narasumber selebtwit. Hasil penelitian menunjukan bahwa selebtwit didalam twitter ketika dikaitkan dengan konsep opinion.leader di teori difusi innovasi dapat disebut sebagai new opinion leader. Komunikasi pemasaran dengan menggunakan selebtwit didalam twitter sangat efektif diterapkan untuk produk atau brand yang inovatif. Dengan kata lain, selebtwit didalam Twitter efektif digunakan untuk memperkenalkan sebuah produk atau brand baru kepada konsumen yang aktif didalam Twitter. Media sosial, Twitter, Opinion Leader, New Opinion leader, Produk Inovatif ABSTRACT Twitter social media users in Indonesia, which reached 500 million and ranks fourth as the country with the highest number of Twitter users around the world makes Twitter as a social media that is most often used to conduct marketing communications. One method of marketing that is often used in Indonesia is to utilize personal Twitter that I have a high number of followers is often referred to as selebtwit. The concept of marketing by using this selebtwit has the same concept as what is known as an endorser or also with marketing concepts by using opinion leaders within the concept of the traditional media. Twitter as social media is included into the new media course offers something different from the traditional media. Marketing communications by using selebtwit in Twitter is a unique phenomenon, because selebtwit bukan.hanya here refers to the popular celebrity then active on twitter, but also include ordinary people active in twitter, where this phenomenon is only found in Indonesia. Therefore, to explain this phenomenon researchers using the case study method, the type of qualitative descriptive peneletian. To get the data to explain the problems researchers conducted participation observations in virtual world in Twitter and structured interviews with sources selebtwit. The results showed that selebtwit in twitter when it is associated with the concept of innovation diffusion opinion.leader in theory can be referred to as the new opinion leaders. Marketing communication using twitter in the selebtwit very effectively applied to a product or brand that is innovative. In other words, selebtwit in Twitter effectively used to introduce a new product or brand to the consumer who is active in Twitter. Social media, Twitter, Opinion Leader, New Opinion leader, Innovative Products
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Communication Science |
ID Code: | 45518 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 06 May 2015 16:57 |
Last Modified: | 18 Dec 2015 18:33 |
Repository Staff Only: item control page